Dona Dona: Lagu yang Berkisah Terntang Pembantaian Kaum Yahudi di Jerman

Musik  

Di cover menjadi lagu Inggris oleh Ola & Jangler

Band Swedia Ola & the Janglers meliputnya pada tahun 1966, awalnya setelah mendengar versi tersebut oleh Kodesh & Schwartz. Tidak seperti banyak artis yang sebelumnya mengcover "Donna, Donna", Janglers tidak dikenal sebagai artis folk, dan sebelumnya hanya merilis lagu-lagu rock. Karena ini, mereka sedikit mengubah aransemen lagu, agar lebih sesuai dengan grup. Mereka menambahkan bagian harpsichord yang dimainkan oleh kibordis grup Johannes Olsson bersama dengan gitar bass oleh ke Eldster.

Meskipun drummer Leif Johansson ditinggalkan, bagian harmoni dinyanykan oleh Ola Håkansson, Claes af Geijerstam dan Eldster ditambahkan selama chorus. Grup merekamnya dan sisi-B "Come and Stay with Me" selama sesi pada tahun 1966, dengan produser reguler mereka Gunnar Bergström.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Awalnya dimaksudkan untuk menandai pengenalan gitaris af Geijerstam, yang baru-baru ini menggantikan Christer Idering, "Donna, Donna" dipilih sebagai sisi-A dari singel tersebut. Namun, pada saat single sleeves dengan "Donna, Donna" sebagai sisi-A sedang dicetak, Pye Records merilis versi Donovan dari lagu tersebut sebagai single di Swedia.

Khawatir bahwa dua single akan bersaing, label rekaman mereka Gazell memutuskan untuk mengganti urutan berjalan, dengan "Come and Stay With Me" menjadi A-side setelah single 7-inci ditekan. Ini berarti bahwa lengan dan single memiliki sisi-A yang kontras, yang menyebabkan kebingungan oleh beberapa penggemar mereka dan beberapa stasiun radio, yang tidak mengetahui sisi mana yang harus dipasang.

"Come and Stay With Me" berhasil mencapai nomor 13 di Kvällstoppen dan nomor tiga di Tio i Topp pada April 1966. "Donna, Donna" masih ditanyakan secara spesifik di toko kaset,yang membuatnya mendapatkan posisi chart di Kvällstoppen juga. Lalu lagu ini kemudian masuk pada 12 April 1966 di posisi nomor 19, dan terakhir terlihat pada 19 April di posisi yang sama, secara kebetulan tanggal yang sama "Come and Stay With Me".

Hal ini menyebabkan Janglers memiliki tiga single secara bersamaan selama tanggal ini; "Cinta Ada di Pikiranmu", "Donna, Donna" dan "Datang dan Tetaplah Bersamaku".[15]

Kedua sisi dari single tersebut merupakan salah satu upaya pertama di sebuah band rock Swedia merilis sebuah lagu dalam nada folk rock. Ini awalnya disertakan di album studio kedua mereka Patterns, dirilis pada bulan Juni tahun itu. Sejak itu menjadi bahan pokok di sebagian besar album kompilasi mereka, termasuk Best Sounds (1969)[18] dan Ola & the Janglers, 1964–71!.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image