Rindu Kampung Halaman: Bahkan Rasululah Pun 'Home Sick' dengan Makkah

Budaya  

Tamar Chansky, psikolog dan pengarang buku Freeing Yourself From Anxiety, menekankan bahwa, “Homesick ibarat orang belajar berenang. Awalnya tidak nyaman, tapi lama-lama terbiasa dan merasa nyaman. Begitu pula dengan homesick, jika sudah terbiasa, tidak akan ‘menyakitkan’ lagi.”

Analisa lain diungkapkan Ricks Warren, profesor psikiatri di University of Michigan, “Homesick digambarkan sebagai reaksi kesedihan, mirip dengan kehilangan orang yang dicintai. Ada kerinduan yang terasa familiar,” paparnya.

Homesick adalah emosi wajar yang dialami manusia. Bahkan manusia paling mulia, Rasulullah SAW pun mengalaminya. Kerinduannya pada kampung halamannya, Makkah al Mukaromah, diungkapkan dalam sebuah hadist.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Alangkah indahnya dirimu (Makkah). Engkaulah yang paling kucintai. Seandainya saja dulu penduduk Makkah tidak mengusirku, pasti aku masih tinggal di sini” [HR Tirmidzi].

Suatu hari sahabat Ashil Al Ghifari baru tiba di Madinah setelah melakukan perjalanan ke Makkah. Rasulullah SAW bertanya padanya, "Bagaimana keadaan Makkah sekarang?"

"Aku melihat Makkah makin subur wilayahnya, telah bening aliran sungainya, telah banyak tumbuh idzkirnya (sejenis pohon), telah tebal rumputnya, dan telah ranum salamnya (tumbuhan yang kerap dipakai untuk menyamak kulit)," jawab Ashil.

"Cukup wahai Ashil. Jangan engkau buat kami bersedih," kata Rasulullah SAW, menandakan kerinduan yang mendalam pada Makkah.

Hari yang melakukan perjalanan mudik, baik yang masih dalam perjalanan atau yang telah sampai kampung halaman, selamat menikmati kebersamaan dengan keluarga tercinta.

Jakarta, 27/4/2022

**Uttiek Panji Astuti: Follow me on IG @uttiek.herlambang | FB @uttiek_mpanjiastuti | www.uttiek.blogspot.com | channel Youtube: uttiek.herlambang

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image