Nenek Anna, Babushka Z, dan Ikon Bunda Rusia

Politik  
Anna, wanita tua itu, mengibarkan bendera Uni Soviet ketika tentara Ukraina lewat di depannya.
Anna, wanita tua itu, mengibarkan bendera Uni Soviet ketika tentara Ukraina lewat di depannya.

Nenek Anna, Babushka Z, dan Kehadiran Bunda Rusia yang Orang Ukraina

Tentara Rusia di Mariupol, kota pelabuhan yang diperangi tapi belum juga direbut, meluncurkan patung aneh; seorang wanita petani Ukraina memegang bendera Uni Soviet.

Wanita asli yang menjadi model patung itu, yang diberi nama Babushka Z, muncul dalam video yang direkam tentara Ukraina, dan kini menjadi ikon propganda Rusia.

Pembebas Rusia

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Babushka Z kali pertama muncul dalam video aneh yang direkam awal April oleh tentara Ukraina. Video itu menunjukan tentara Rusia mendekati peternakan kecil di wilayah Donbas, dan seorang wanita tua dengan bangga memegang bendera Uni Soviet.

Terkejut tapi tidak kecewa, orang-orang Ukraina memberinya makanan dan mengambil bendera Uni Soviet itu. Wanita tua itu, yang diidentifikasi akun @LaborwaveCCCP pada 3 Mei bernama Anna, menerima makanan itu tapi kemudian mengembalikannya.

Anna rupanya sadar yang memberinya makanan bukan tentara Rusia yang datang membebaskannya, tapi orang-orang Ukraina yang kemudian menginjak-injak bendera itu. Keterangan dalam akun @LaborwaveCCCP menyebutkan Anna tinggal di Distrik Dvurechensky, 12 mil dari perbatasan Rusia.

Video kedua muncul di aplikasi Telegram, dengan keterangan berbeda. Anna, nama wanita tua itu, tinggal di dekat Dvorichna — lima kilometer dari garis depan.

Anna adalah wajah baru propaganda Kremlin dan menjadi bintang di kalangan orang Rusia pro-perang. Sebuah plakat raksasa muncul, yang memperlihatkan dia mengibarkan bendera Uni Soviet di Moskwa. Kartu pos bergambar Anna, dengan spanduk yang sama, dijual di seluruh Rusia.

Tidak ada yang memanggil nama asli wanita tua itu. Mesin propaganda Rusia memberinya nama baru, yaitu Babushka Z, atau Babushka — kata dalam Bahasa Rusia yang artinya nenek. Simbol ‘Z’ digunakan pasukan Rusia yang ambil bagian dalam perang di Ukraina, dan sering tertera pada kendaraan lapis baja.

Awal April 2022, Anna menjadi subyek laporan televisi Rusia. The Moscow Times menulis seorang seniman membuat patung kayunya. Di Mariupol, pasukan Rusia meluncurkan patung Babushka Z pada 5 Mei di hadapan Sergei Kiriyenko, wakil kepala staf Presiden Vladimir Putin.

Joanna Szostek, pakar media Rusia dan komunikasi politik Universitas Glasgow, mengatakan cerita Babushka sangat cocok dengan narasi propaganda Rusia.

Jaroslava Barbieri, pakar hubungan Rusia dengan negara-negara bekas Uni Soviet di Universitas Birmingham, mengatakan video awal menggambarkan bentrokan ingatan yang dipersenjata Vladimir Putin.

“Di satu sisi Anda melihat wanita tua yang menyesali runtuhnya Uni Soviet dan masih memandang Rusia sebagai pembebas,” kata Bierbieri kepada France24. “Kemudian, Anda memiliki pandangan berlawanan dengan tentara Ukraina, dan terkejut orang Ukraina melihat perang dengan kembali ke masa lalu.”

Profesor Stephen Hutchings, pakar media Rusia di Universitas Manchester, mengatakan; “Ini cerita ideal untuk Kremlin karena muncul dari akar rumput dan contoh langka dukungan rakyat yang sesuai narasi Putin.”

Anna atau Babushka Z mendukung klain aneh Putin. Bahwa Rusia datang membebaskan Ukraina dari fasisme.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image