Nenek Anna, Babushka Z, dan Ikon Bunda Rusia

Politik  

Ikon Baru Bunda Rusia?

Bagi media Rusia, Babushka Z adalah anugerah. Sebab, menurut Dr Precious Chatterje-Doody — pakar komunikasi politik dan hubungan internasional Universitas Terbuka Inggris — ada beberapa alasan mengapa cerita dan gambar khusus itu direproduksi secara luas oleh pemerintah Rusia.

Pertama, TV Rusia nyaris menjadi liputan ‘operasi khusus’ dari dinding ke dinding. Cerita human interest ini membantu membuatnya lebih menarik.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kedua, ini adalah contoh berharga bagi Kremlin tentang penerimaan positif. Sebagian besar orang Ukraina, bahkan di wilayah berbahasa Rusia, tidak menyebut tentara Rusia secara aktif melawan mereka.

“Pemerintah Rusia mempromosikan Anna atau Babushka Z untuk menyembunyikan fakta,” katanya.

Babushka Z, kata Szostek, menawarkan manfaat lain bagi Kremlin. “Ini contoh propaganda bawah-atas yang langka dibanding propaganda atas bawah,” katanya.

Video, yang diautentifikasi media Ukraina, bukan ciptaan otoritas Rusia yang kemudian dipromosikan jejaring sosial oleh troll Rusia di Internet. “Sejak awal, mesin propaganda Moskwa mencoba memberi sentuhan pesan mereka dari bawah ke atas. Anna muncul sebagai harapan sempurna untuk Rusia,” kata Huchings.

Menurut Hutchings, bendera Uni Soviet adalah lapisan gula pada kue propaganda ini. Lapisan gula itu menjadi penting karena ikonografi bendera Uni Soviet dan wanita tua telah sedemikian akrab bagi orang Rusia. Dalam kartu pos Perang Dunia II, fitur Anna adalah Bunda Rusia.

“Ini adalah pemuliaan generasi tua untuk memanggil genersi baru agar mengulangi kesuksesan masa lalu,” kata Barbieri. “Putin sangat ingin memulikan masa lalu Uni Soviet, karena itu membuatnya bisa menyembunyikan kelemahan betapa dia tidak memiliki perspektif untuk ditawarkan kepada orang Rusia.”

Yang menarik, menurut Hutchings, fakta bahwa wanita Ukraina telah menjelma menjadi Bunda Rusia menunjukan Anna adalah satu individu untuk dua negara.

“Ini beresonansi dengan narasi baru de-Ukrainisasi, bukan denazifikasi Ukraina,” kata Hutchings.

Babushka Z haidr pada waktu terbaik bagi Rusia, yang sedang bersiap menggelar parade militer tahunan memperingati kemenagan Uni Soviet pada Perang Dunia II.

“Saya akan sangat terkejut jika video ini tidak digunakan selama perayaan 9 Mei,” Hutchings mengakhiri.

**** Penulis: Tegiuh Setiawan, penulis senior.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image