Bercermin Pada Derita Rakyat Pakistan yang Kini Diminta Kurangi Konsumsi Minum Teh dan Listrik

Budaya  

Lalu dari mana asal mula kebiasaan minum teh Pakistan berasal? Jawabnya, ternyata bemula dari imbas kaum kolonial Inggris yang menjajah Asia Selatan, termasuk Pakistan.

Kala itu, Kerajaan Inggris, pada pertengahan 1700-an, telah menyadari biaya selangit dari kecanduan tehn masyarakatnya. Apalagi komoditi ini sebagian besar diimpor dari Cina, dan meskipun perdagangan opium membantu menutupi sebagian biaya, gaya hidup 'Anglo-theophile' ini menjadi semakin tidak berkelanjutan.

Penjelajah Inggris terkemuka, ahli botani, dan pedagang dipercayakan dengan tugas membantu kekaisaran mengurangi ketergantungannya pada teh Cina, dengan membudidayakannya sendiri. Upaya dilakukan untuk mendapatkan benih Cina, yang sayangnya, tidak tumbuh dengan baik di sebagian besar iklim panas dan kering di India. Tumbuhan teh varietas asli Assam, meskipun dianggap lebih rendah, memenuhi tujuannya dengan baik; sampai varietas Cina juga bisa dibudidayakan di Darjeeling.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Meskipun bukti penggunaan daun teh di India dapat ditemukan sejauh 750 SM, penggunaan komersial ini tidak dimulai sampai pasar India mulai membanjiri teh sekitar tahun 1830-an.

Dapat dicatat oleh pengamat biasa bahwa preferensi umum untuk konsumsi teh di Pakistan tidak sama dengan orang Inggris. 'Chai' di anak benua umumnya lebih kuat, lebih kental, lebih manis, dan sering disajikan dalam gelas tanpa pegangan di toko teh. Namun, budaya minum teh di anak benua itu sebagian besar dipengaruhi oleh para penguasa dan pedagang Inggris.

Menyusul produksi massal teh di Assam dan Darjeeling, dan dentingan cangkir teh oleh para elit Inggris untuk merayakan berakhirnya monopoli Cina; bisnis Inggris berusaha memperluas pasarnya ke negara yang membantu memuaskan dahaga legendaris orang Inggris akan teh. Teh secara luas diiklankan sebagai minuman sehat dengan khasiat obat, serta minuman yang menyenangkan untuk dikonsumsi secara teratur. Sampel teh gratis didistribusikan secara luas di kota-kota besar India. Cinta untuk chai tidak instan; itu diproduksi.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image