Mengingat Peristiwa 9 September 2001: Dari Serangan yang Ditarget Hingga Islamofobia

Sejarah  

Lebih rentan terhadap kekerasan?

Ayloush mengutip "larangan Muslim", yang melarang pelancong dari beberapa negara mayoritas Muslim memasuki AS.

“Meskipun pemerintah saat ini membatalkan larangan tersebut, kami masih menghadapi konsekuensinya hingga hari ini dengan banyak keluarga yang masih terpisah,” kata Ayloush.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dia menekankan satu stereotip yang paling berdampak pada komunitas Muslim.

“Kepalsuan paling mencolok yang muncul dari tanggapan terhadap serangan 9/11 adalah gagasan bahwa Muslim entah bagaimana lebih rentan terhadap kekerasan daripada kelompok atau agama lain,” kata Ayloush.

“Ideologi yang berbahaya dan tidak akurat ini menggambarkan lebih dari dua miliar pengikut Islam dengan cara yang pada akhirnya tidak memanusiakan mereka. Lebih buruk lagi, itu telah menyebabkan kebijakan pemerintah dan praktik penegakan hukum yang mengawasi komunitas Muslim.

“Islamofobia tidak ada dalam ruang hampa. Sayangnya, Muslim bukanlah yang pertama, dan sayangnya mereka tidak akan menjadi yang terakhir, kelompok yang menghadapi kebencian dan diskriminasi di Amerika Serikat,” kata Ayloush.

Dia mencatat bahwa AS memiliki sejarah panjang dalam kelompok etnis dan agama yang “tidak manusiawi dan meminggirkan”, termasuk penduduk asli Amerika, Afrika-Amerika, Yahudi, dan Asia-Amerika.

Satu-satunya cara untuk memerangi Islamofobia setelah 9/11 adalah dengan mengatasinya secara langsung, katanya.

“Penting untuk meminta pertanggungjawaban orang-orang yang melanggengkan rasisme, kefanatikan, dan xenofobia atas kata-kata dan tindakan kebencian mereka di semua sektor, baik itu di perbatasan, di bandara, oleh penegak hukum, atau oleh politisi,” kata Ayloush.

“Dalam lebih dari 20 tahun terakhir sejak hari yang mengerikan itu, kita melihat semakin banyak orang Amerika memilih untuk membela apa yang benar.”

Sumber: https://www.aljazeera.com/news/2022/9/11/decades-after-9-11-muslims-battle-islamophobia-in

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image