Mahasiswa Dodol: Kisah Diane Tones Yang Bunuh Diri Karena Idap Sindrom Berpura-Pura Kuliah

Politik  

Di Indonesia 'syndrome Berpura-pura Mahasiswa' banyak terjadi. Pengalaman teman penulis yang kuliah di Yogyakarta punya kisah yang mirip. Dia punya teman seasrama yang berasal dari luar Jawa. Awalnya, memang kuliah. Bahkan selama bertahun-tahun pergi kuliah bersama walau berbeda universitas. Tiap tahun sang teman ini pun selalu pulang kampung dengan menunjukan diri sebagai mahasiswa kepada orang tua dan lingkungan keluarga di rumah.

Namun, pada suatu hari, ketika teman seasramanya lulus kuliah, hanya dialah yang belum lulus. Uniknya, ketika rekan sekampungnya yang lulus ikut pulang dia pun ikut pulang. Nah, di sanalah dia kemudian didesak orang tuanya kenapa belum selesai kulaih padahal teman yang dahulu berangkat bersama semua sudah lulus? Ibu pun mendesak terus.

Akhirnya, dia mengaku bahwa hanya kuliah dibagian masa awal saja. Selanjutnya, setelah itu tidak kuliah. Kalau temannya kuliah dia malah nongkrong di kantin kampus atau pergi ke tempat lain. Ini dilakukannya bertahun-tahun.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Status 'Pura-pura mahasiswa' iini memang sangat menyenangkan sebab dengan kondisi sebagai mahasiswa, maka kiriman uang dan berbagai fasilitas dari orang tuanya selalu didapatkan secara rutin. Dengan modal 'berpura-pura' jadi mahasiswa maka dia bisa hidup aman dan nyaman di Yogyakarta.

Situasi seperti ini juga pernah di sindir dalam lagu 'Mahasiswa Dodol' Iwan Fals, Lagunya seperti ini:

Penulis: Teguh Setiawan, Jurnalis Senior

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image