Anjelina Catharina Valentijn: Cinderella Tanpa Sepatu Kaca dari Citeureup

Budaya  

Vila Belanda di Citeureup
Vila Belanda di Citeureup

'Budak Terhormat'

Suatu hari di tahun 1750, Margaretha Catharina van Wargaren -- istri notaris Wiggert Wargeren -- menerima sesosok bayi merah dari seseorang. Ia bertanya soal orang tua bayi itu, tapi informasi yang diperoleh bayi itu lahir rahim perempuan budak.

Pada usia tiga tahun, Ny Van Wargeren membaptis dan memberi nama bayi itu Anjelina Catharina Valentijn. Pemberian nama tanpa 'van' ini memperlihatkan Ny Van Wargeren 'melepas' status budak bayi itu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Namun bagi masyarakat kolonial saat itu, Anjelina Catharina Valentijn tetaplah budak. Yang membuat segalanya rumit adalah tidak ada informasi apakah Ny Van Wargeren mendaftarkan bayi merah yang diambilnya sebagai budak.

Budak atau bukan menjadi tidak penting bagi Ny Van Wargeren, karena dia memberi Anjelina pendidikan Eropa, digembleng dalam kehidupan kulit putih dengan semua tradisi, budaya, dan tata krama, plus kebiasaan borjuasi kolonial Batavia.

Angelina tumbuh sebagai 'Belanda' berkulit dekil di tengah masyarakat kulit putih. Ia cerdas, pandai bergaul, dan mencolok karena tubuh pribumi yang berbalut pakaian Eropa dan bicara dalam Bahasa Belanda sama baiknya dengan elite Eropa saat itu.

Bersama Ny Van Wargeren, Anjelina menghadiri pesta-pesta borjuasi kulit putih Batavia tanpa rasa minder. Di salah satu pesta, ia berkenalan dengan Johan Samuel Heinrich Wustenberg, orang Jerman berpangkat letnan tentara perusahaan dagang VOC dan Vaandrig der Burgerij alias kapten orang-orang bebas.

Saat itu Wustenberg baru saja mengakuisisi Tjitrap -- tanah partikelir di dekat Citeureup, Bogor, saat ini -- dan Soekaradja (Sumatera Selatan) bersama Leedert Miero, rekannya. Wustenberg adalah tuan tanah Tjitrap, tanah partikelir yang di atasnya berdiri Het Huis Tjitrap -- bangunan pedesaan mewah yang jauh dari tembok kota Batavia.

Sebelum VOC bangkrut, Angelia dan Wustenberg menikah. Angelina menaiki tangga Het Huis Tjitrap tanpa sebelah sepatu tertinggal di tangga. Ia adalah Cinderella van Bataviasche Ommelanden dalam kehidupan nyata -- seorang budak yang dipersunting orang terhormat meski bukan pangeran.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image