Dona Dona: Kisah Lagu Derita Pembantaian Yahudi yang Nasibnya Seperti Anak Sapi

Musik  

Sedangkan melalui lagu Dona Dona nama Joan Baez menjadi terkenal. Lagu ii sangat populer dan secara luar biasa kenaikan populritas lagu ini yang luar biasa mengantarkan Baez ke puncak tumpukan musik rakyat di akhir 1950-an dan awal 1960-an.

Akibatnya, penyanyi-aktivis Joan Baez ini mendapat penghargaan dari beberapa organisasi Yahudi; penulis lagu, guru, dan produser Yahudi; serta dijadikan sebagau satu lagu dalam teater Yiddish. Lagu ini menjadi sangat terkenal.

.Hanya beberapa tahun setelah itu, setelah membuat kehebohan di kancah musik folk Boston yang semarak setelah pindah ke sana dari Bay Area bersama keluarganya pada tahun 1959, Baez memberikan debut konsernya di New York City pada usia 19 tahun. pada November 1960, di 92nd Street Young Men's and Young Women's Hebrew Association - 92nd Street Y, singkatnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hampir dua tahun setelah itu, pada usia 21 tahun, Baez muncul di sampul Majalah Time, suatu prestasi yang mencengangkan bagi penyanyi folk berusia 21 tahun yang baru saja merilis album ketiganya, sebuah rekaman live berjudul “In Concert, ” yang mencakup dua lagu yang ditulis oleh seorang yang sama sekali tidak dikenal dari Minnesota utara — seorang pria Yahudi bernama Robert Allen Zimmerman yang telah mengadopsi nama samaran Bob Dylan — di samping membawakan lagu "Kumbaya".

Kemungkinannya bagus bahwa penonton di retret Yahudi dan konser St.Y ke-92 disuguhi lagu Baez dalam bahasa Inggris yang, meskipun sering dianggap sebagai lagu rakyat tradisional Yiddish.

Lagu Dona dona sebenarnya ditulis untuk teater Yiddish di awal 1940-an oleh komposer yang sama yang bertanggung jawab atas "Bay Mir Bistu Sheyn". Lagu hit Baez "Donna Donna" dimulai sebagai "Dana Dana", juga dikenal sebagai "Dos Kelbl", atau "The Calf", yang ditulis oleh Sholom Sekunda dan Aaron Zeitlin untuk pertunjukan panggung yang terakhir.

Belakangan, Sekunda menerjemahkan lagu tersebut ke dalam bahasa Inggris, sekaligus mengubah judulnya menjadi "Dona Dona". Pada pertengahan 1950-an, Arthur Kevess dan Teddi Schwartz menerjemahkan ulang lagu tersebut ke dalam bahasa Inggris, dan itu adalah versi mereka - sekarang dieja "Donna Donna" tetapi masih dilafalkan dengan "o" yang panjang - yang dimasukkan Baez di album debutnya.

Album lagu yang memuat Dona Dona ini mencapai status emas (yang pada saat itu berarti menghasilkan $ 1 juta dalam penjualan eceran). Album ini diproduksi oleh Fred Hellerman kelahiran Brooklyn, anggota supergrup musik folk the Weavers (bersama Pete Seeger, Lee Hays, dan Ronnie Gilbert), dan orang tua imigran Yahudinya berasal dari Riga, Latvia.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image