Islam di Jawa: Dari Lebaran, Kupat, dan Sambel Goreng Ati Hingga Kerajaan Jawa Pertama

Budaya  

Soal sejarah Indonesia dalam diskusi dengan sejarawan asal Inggris, Peter Carey, mengatakan penulis sejarah Indonesia itu kebanyakan bukan dari bangsa sendiri.

’’Sejarah Indonesia masih ditulis orang asing,” tegasnya.

Sejarawan Universitas Indonesia, Didik Pradjoko pun berkata senada. Bahkan dia mengatakan sejarah Indonesia, khususnya Jawa, menjadi terang benderang berkat jasa orang Belanda yang meneliti sejarah seperti DR HJ De Graaf dan DR TG.G.TH. Pigeud.’’Berkat dialah sejarah Jawa menjadi semakin jelas dan membedah kisah sejarah Jawa yang penuh mitos.’’

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Untuk masa kini salah satu karya De Graaf bisa dinikmati kembali, yakni buku mengenai awal mula penyebaran Islam di Jawa. Buku tersebut adalah ‘Kerajaan Islam Pertama di Jawa’ yang diterbitkan Mata Bangsa bersama KITLV - Jakarta. Buku ini cukup tebal mencapai 473 halaman.

Lalu apa jasa De Graaf yang pada 1935 menulis disertasi di Universitas Leiden tentang pembunuhan Kapten Tack di Mataram 1686? Jawabnya adalah sebelum disertasi ini, para sejarawan Eropa tidak memandang penting sumber-sumber Jawa khususnya masa Islam lantaran dianggap berisi khalayan dan rekaan semata (yaki cerita dalam Babad Tanah Jawa). Oleh De Graf antara fakta mitologis, rekaan politis, hingga fakta historis dipisah-pisahkan. Jelas ini perlu kecermatan luar biasa.

Karya-karya De Graaf dan Pigeaud ini mendapat apresiasi tinggi bagi mendiang sejarawan Soemarsaid Moertono. Karangan De Graaf tentang sejaran Jawa yang mencapi 100 ditambah berupa buku lebih dari dua puluh buah mengenai para pelaku utama sejarah kerajaan dari Jawa Tengah, seperti Sultan Agung, Sunan Mangkurat, tentang Kajoran.

‘’Sedangkan karang Pigeaud sangat besar artinya bagi perkembangan ilmiah terhadap masyarakat Jawa, terutama bidang kebudayaan,’’ kata Soemarsono dalam kata pengantarnya.

Khusus buku ini, Soemarsono mengatakan buku ‘Kerajaan Islam Pertama di Jawa’ ini berusaha menyajikan suatu usaha mengisi kekosongan penulisan tentang sejarah politik di Jawa pada abad XV dan XVI yang dianggap sebagai masa transisi dari kerajaan Majapahit yang Budha ke Kerajaan Mataram yang Islam.

Maka dalam buku berkembang berbagai cerita tentang masa awal seluk beluk penyebaran agama Islam di Jawa setelah runtuhnya Majapahit. Bagaimana kelahiran hingga mundurnya kerajaan Demak, sampai mucnculnya kerajaan Islam yang lebih kecil di Pantai Utara Jawa, misalnya Kudus, Jepara, Cirebon, Banten, Jipang, Tuban, Gresik, Madura, Pasuruan, Ponorogo., Palembang, Blambangan, hingga pedalaman Jawa Tengah seperti Pengging dan Pajang.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image