Agama

Perang Gaza Terkini: Mesir Kehilangan 30 Persen Pendapatan Bila Terus Suez Ditutup


Dampak Perdagangan Akibat Terus Suez ditutup Karena Serangan Houthi

Lebih dari 100 kapal kontainer dialihkan ke sekitar Afrika bagian selatan untuk menghindari Terusan Suez ketika pemberontak Houthi menyerang kapal-kapal di pantai barat Yaman, sehingga mengganggu perdagangan global. Menurut The Guardian, Kuehne dan Nagel, sebuah perusahaan pelayaran, mengidentifikasi 103 kapal yang telah mengubah rute mereka, dan diperkirakan lebih banyak lagi yang akan berlayar di sekitar Tanjung Harapan di Afrika Selatan.

Pengalihan ini telah menambah sekitar 6.000 mil laut dalam perjalanan Asia ke Eropa, sehingga memperpanjang waktu pengiriman produk selama tiga hingga empat minggu. Terusan Suez sepanjang 192 km merupakan jalur laut tercepat antara Asia dan Eropa.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sekitar 19.000 kapal melewati Terusan Suez setiap tahunnya, menjadikannya sebagai salah satu jalur vital dunia, terutama untuk transportasi bahan bakar fosil dan komoditas antara Asia dan Eropa.

Pemberontak Houthi mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap kapal-kapal sebagai tanggapan atas serangan udara Israel di Gaza. Konflik yang dimulai setelah serangan mendadak Hamas di Israel pada 7 Oktober telah menyebabkan ratusan kematian di Gaza. Amerika Serikat pada hari Selasa mengumumkan niatnya untuk memimpin koalisi angkatan laut untuk melindungi pelayaran di Terusan Suez.

Kuehne dan Nagel menyatakan kapal yang dialihkan memiliki kapasitas mengangkut 1,3 juta kontainer berukuran 20 kaki (6 meter). Selain itu, rute kapal tanker minyak dan gas juga telah dialihkan, dan BP menjadi perusahaan terbesar yang mengumumkan kepada publik bahwa mereka telah mengubah arah.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image