Agama

Perang Gaza Terkini: Mesir Kehilangan 30 Persen Pendapatan Bila Terus Suez Ditutup


Michael Aldwell, anggota dewan logistik laut Kuehne dan Nagel, mengatakan kepada The Guardian, "Perpanjangan waktu yang dihabiskan di perairan diperkirakan akan menyerap 20% kapasitas armada global, yang menyebabkan potensi penundaan dalam ketersediaan sumber daya pengiriman. Selain itu, penundaan dalam mengembalikan peralatan kosong ke Asia kemungkinan besar akan menimbulkan tantangan, yang selanjutnya berdampak pada keandalan rantai pasokan secara keseluruhan."

Terusan Suez ini merupakan salah satu dari tujuh titik hambatan geografis yang sangat penting bagi perdagangan minyak dunia dan juga rentan terhadap penyumbatan atau serangan bajak laut. Gangguan ini berperan dalam menaikkan harga minyak. Minyak mentah berjangka Brent, patokan global, melonjak 1,2% pada hari Rabu, melampaui $80, setelah turun di bawah $74 seminggu sebelumnya. Kenaikan harga yang berkelanjutan pada akhirnya dapat mempengaruhi biaya energi konsumen, sehingga berpotensi memberikan kontribusi terhadap tekanan inflasi.

Pekan lalu, dua rudal yang ditembakkan dari wilayah yang dikuasai pemberontak Houthi gagal mengenai sebuah kapal tanker komersial yang memuat bahan bakar jet buatan India di dekat Selat Bab el-Mandeb.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dunia usaha, termasuk produsen mobil besar, memantau situasi ini dengan cermat untuk menilai potensi dampak terhadap rantai pasokan mereka, lapor outlet berita tersebut.

Namun, gangguan ini diperkirakan tidak akan berdampak pada industri ritel pada Natal ini karena stok akan terakumulasi dalam beberapa minggu atau bulan ke depan, memastikan produk sudah tersedia di toko-toko.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image