Kisah Perang Tuyul di Malam Jumat Dalam Penelitian Cifford Geertz

Budaya  
Perang Tuyul. (ilustrasi).
Perang Tuyul. (ilustrasi).

Soal perang Tuyul yang terjadi di setiap malam Jumat pada penelitian sosiolog terkemuka Amerika Serikat Ckifford Geertz mendapat kisahnya dari penelitian salah seorang informan penelitiannya. Geertz menuiis begini:

Salah seorang pemilik tuyul yang terkenal di daerah Mojokuto adalah haji tua yang tinggal di sebuah desa beberapa kilometer di sebelah timur kota.

Sebagai orang yang paling kaya, ia pun paling kikir. Ia memperoleh tuyul-tuyul-nya. melalui peijanjian biasa—berjanji akan menyerahkan empat orang mati setiap tahun kepada makhluk halus itu. Ia mencari korbannya di mana saja; ia bahkan pernah mencarinya ke Mekkah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Celakanya, setelah bertahun-tahun berbuat demikian, baru pada 1951, soal ini diketahui orang lain—yang juga merupakan semacam pedagang ilmu ghaib—yang lalu mengembangkan magi tandingan melawan haji itu.

Ia pun lalu mengumpulkan 33 orang murid dan mengajarkan teknik-teknik magi yang khusus untuk mengalahkan tuyul-tuyul. Tujuannya untuk menaklukan makhlus halus pencuri uang ini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image