Lusinan Warga Gaza Tewas Ketika Memulai Tahun Baru Akibat Serangan Israel

Politik  

Rakyat Palestina berharap tahun 2024 menjadi lebih baik

Di Jalur Gaza, di mana PBB mengatakan 85 persen penduduknya telah mengungsi, Hamdan Abu Arab, 20 tahun, mengatakan dia berharap “tahun 2024 akan lebih baik”.

“Beberapa saat yang lalu, saya sedang berbicara dengan teman-teman saya, dan kami teringat bagaimana kami biasa pergi keluar dan menikmati waktu kami di hari terakhir tahun ini. Tapi di malam tahun baru ini yang ada hanya rudal dan sisa-sisa manusia,” ujarnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sejak Israel melakukan pengepungan pada awal perang, warga Gaza menghadapi kekurangan makanan, bahan bakar, air dan obat-obatan.

Sekjen PBB Antonio Guterres mengutuk “penderitaan manusia yang luar biasa” dan “hukuman kolektif” terhadap warga sipil Palestina, sementara WHO telah memperingatkan risiko penyakit menular.

“Kami kelelahan Kami mengungsi sebanyak lima kali selama perang ini,” kata Bassam Hana, 29 tahun.

“Kami berharap segalanya membaik pada tahun 2024 dan kita hidup seperti manusia lainnya. Saat ini, kami hidup seperti binatang.”

Setidaknya 48 warga Palestina tewas dalam serangan di Kota Gaza selama akhir pekan, kata kementerian kesehatan wilayah tersebut, dan banyak yang masih terkubur di bawah reruntuhan.

“Setelah ledakan, kami tiba di lokasi serangan dan melihat para martir di mana-mana,” kata seorang warga setelah sebuah gedung dihantam.

“Anak-anak masih hilang, kami tidak dapat menemukan mereka.”

Dalam pengarahan malamnya pada hari Minggu, juru bicara militer Israel Daniel Hagari mengatakan beberapa militan “tewas dan ditundukkan dalam pertempuran di Khan Younis” pada hari sebelumnya.

“Kami terus menangani terowongan bawah tanah dan menyerang tempat peluncuran roket, untuk mengurangi tembakan roket ke Negara Israel. “Puluhan pesawat berada di langit Gaza pada saat tertentu,” katanya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image