Jalan Pena: Menulis Untuk Mengubah Hidup

Budaya  
Eka Budianta di Desa Todo, Manggarai, Flores
Eka Budianta di Desa Todo, Manggarai, Flores

Oleh: Eka Budianta, penulis senior, mantan jurnalis dan penyiar BBC London, serta peraih berbagai penghargaan kepenulisan*

Kolom saya di majalah Trubus bertajuk Seputar Agribisnis. Pertama kali muncul pada bulan Nopember 2001. Jadi genap 22 tahun saya mengisinya secara rutin. Pada suatu hari saya ditelpon oleh seorang konglomerat. “Saya tertarik pada tulisan Anda tentang pelestarian burung,” katanya.

“Tolong akhir pekan depan ikut kami ke Pulau Seribu,” begitu pintanya. Tugas saya sederhana, menikmati akhir pekan di pulau kesayangannya. Ada tiga atau empat pulau sudah dibeli oleh konglomerat itu. Saya diantar dengan kapal pesiar, menginap di villa yang bagus, dan ditanya: Bagaimana cara meningkatkan populasi burung di pulaunya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Saya ingin, kalau membuka jendela di pagi hari, selalu melihat burung. Bisa berkicau atau sekadar lari-lari kian kemari.” Begitu pesannya. Tentu saya segera memutar otak. Beberapa usul saya siapkan. Pertama, bisa dibangun sebuah aviary yang besar. Kedua, bisa dilatih asisten rumah-tangga yang memasok makanan burung setiap hari.

Sejenak saya tergoda. Bagaimana kalau saya tinggal di pulau yang indah, dengan kapal pesiar yang mewah itu? Apakah populasi burung di Kepulauan Seribu bisa ditingkatkan? Berapa biayanya? Bagaimana caranya? Siapa yang akan membiayai, apa manfaatnya, dan 1001 pertanyaan lain bermunculan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image