Pengungsi Gaza: Israel Membuat Hidup Kami Mengais di Tengah Sampah Seperti Anjing!

Agama  
Anggota keluarga Abu Jarad memanggang roti di sebuah kamp di kawasan Muwasi, Gaza selatan, Senin, 1 Januari 2024. (AP Photo/Fatima Shbair)
Anggota keluarga Abu Jarad memanggang roti di sebuah kamp di kawasan Muwasi, Gaza selatan, Senin, 1 Januari 2024. (AP Photo/Fatima Shbair)

Beberapa orang yang tanpak seperti anak-beranak tampak erdampar di sudut selatan Gaza. Mereka itu adaalah anggota keluarga Abu Jarad menjalani rutinitas bertahan hidup yang ketat.

Mereka telah meninggalkan rumah yang nyaman dengan tiga kamar tidur di Gaza utara setelah perang Israel-Hamas pecah hampir tiga bulan lalu. Keluarga itu beranggotakan 10 orang itu. Mereka kini berkumpul di dalam tenda berukuran 16 meter persegi (172 kaki persegi) di atas lahan berpasir yang dipenuhi sampah, bagian dari wilayah perkemahan luas pengungsi Palestina.

Setiap anggota keluarga diberi tugas sehari-hari, mulai dari mengumpulkan ranting, menyalakan api untuk memasak, hingga menjelajahi pasar kota untuk mencari sayuran. Namun upaya terbaik mereka tidak mampu menutupi keputusasaan mereka.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pada malam hari “anjing-anjing berkeliaran di atas tenda,” kata Awatif Abu Jarad, salah satu anggota keluarga yang lebih tua. “Kami hidup seperti anjing!” katanya seperti dilaporkan jurnalis kantor berita Prancis, AFP.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image