Ramadhan di Bosnia: Dari Wangi Roti Pitaljka Hingga Harum Udara

Agama  
Suasana buka puasa di Bosnia.
Suasana buka puasa di Bosnia.

Oleh: Edin Hadzalic, Warga Bosnia Herzegovina

Kehadiran bulan Ramadan di Bosnia khususnya dan Muslim Balkan umumnya, dikenang dan dikenal dengan hadirnya bau wewangian.

Dalam literatur oral (lisan) yang bisa dirunut umurnya sudah ratusan tahun umurnya, ataupun dalam tradisi tertulis dan modern, dibicarakan apa yang disebut dengan wewangian Ramadhan itu. Ini sangat dapat dimengerti sebab udara di negara subtropis itu cenderung tidak terlalu dingin, bahkan serasa hangat suam-suam kuku suhunya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dan memang betul adanya pernyataan dari para alim ulama yang menyebut Ramadhan sebagai bulan suci, bulan rahmat, bulan puasa, dan lain lain. Namun yang paling disebarluaskan di Bosnia dan kawasan Balkan adalah soal Wewangian Ramadhan.

Kalau dibilang bahwa kehadiran wangian khusus bulan Ramadan berasal dari jenis makanan yang disajikan pada waktu berbuka puasa, itu benar adanya. Namun, bukan hanya itu, udara pun yang harum dan beroma wangi dalam beda Ramadhan itu selalu berbeda dengan bulan-bulan lain.

Dan meluasnya aroma wangi ini ini adalah menjadi kesaksian berbagai orang. Bahkan mereka yang tidak berpuasa, bahkan tidak beragama Islam mengakuinya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image