Ramadhan di Bosnia: Dari Wangi Roti Pitaljka Hingga Harum Udara

Agama  

Sedangkan kalau aroma wangi udara berasal dari wangian makanan yang menjadi ciri khas Ramadhan Bosnia juga bisa saja. Di negara itu ada sejenis roti ‘Ramazanija’ atau ‘Pitaljka’ yang wangi. Roti tipis ini seperti roti ‘Nan’ asal India-Pakistan. Di atas roti ditaburi biji-bijian habbatussauda atau jintan hitam. Uniknya, roti yang wangi dan lezat ini dapat dibeli pada masa bulan Ramadhan saja!

Biasanya setiap hidangan untuk berbuka puasa pada masyarat Muslim di Balkan ada minuman ‘serbet’, sup dari benih kacang atau krim. Selain itu, ada hidangan utama dan desert untuk buka puasa. Sama seperti di Indonesia segala macam jenis khurma juga disajikan.

Tak hanya itu, iftar atau buka puasa, dalam tradisi di sebuah lingkungan masyarakat Bosnia — terutama masyarakatnya urban — akan dilakukan dengan bergiliran saling berpindah dari rumah ke rumah. Golongan masyarkat yang lebih mapan secara finansial lazimnya akan selalu membuat acara publik, berupa buka bersama untuk umum.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pada acara buka bersama itu biasanya dihidangankan makanan yang lengkap dan mewah. Setelah makan akan disajikan kopi. Selesai bersantap, mereka akan berangkat ke masjid untuk shalat tarawih.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image