Putin dan Pemilu Ukraina: Perlukah Indonesia Contoh?

Politik  

Warga Ukraina jarang menolak untuk mengisi surat suara karena alasan yang sangat persuasif . Ini dikatakan seorang prajurit Rusia yang mengenakan topeng dan membawa senjata berdiri di samping pejabat tersebut. Sebuah mobil yang dipenuhi lebih banyak pria bersenjata di dekatnya.

“Pemungutan suara” biasanya dilakukan di dekat pintu masuk sebuah apartemen. Para petugas pemilu serta tentara bersenjata dapat melihat nama siapa yang dicentang pada surat suara.

“Tidak ada kerahasiaan dalam memilih,” kata seorang mantan penduduk Mariupol kepada Al Jazeera. Dia berbicara tentang bagaimana teman dan kerabatnya memberikan suara pada hari Rabu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Orang-orang yang mencintai Ukraina harus tunduk pada rezim dan berpura-pura mendukung semua yang terjadi karena mereka takut akan nyawa mereka.”

Namun dia menambahkan, ada kelompok perlawanan yang sebagian besar terdiri dari kaum muda yang membocorkan informasi tentang jumlah dan lokasi tentara dan senjata Rusia ke badan intelijen Ukraina.

Beberapa penduduk setempat berharap partisipasi mereka dalam pemungutan suara akan memberi mereka kebebasan untuk keluar dari wilayah pendudukan.

Ayah mertua saya terkena serangan jantung dan meninggal. Rambut ibu mertua saya memutih karena apa yang kami alami. Yang kami inginkan hanyalah pergi dan tidak pernah melihat ke belakang,” Tatyana, yang tinggal di pelabuhan Berdiansk di Ukraina selatan, yang diduduki pada akhir Februari 2022, mengatakan kepada Al Jazeera.

Dia dan suaminya memberikan suara lebih awal, pada hari Senin, tidak mengherankan jika mereka memilih Putin karena mereka tidak ingin dimasukkan dalam daftar hitam oleh otoritas yang ditunjuk Rusia.

Mereka berencana menyeberang ke Rusia selatan dan naik pesawat ke Kazakhstan, tempat sanak keluarga mereka setuju untuk memberikan perlindungan bagi mereka.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image