Naga: Dari Kelirumologi Nagamologi, Mitologi Soal Naga-naganya Hingga Nagasari di Jawa

Budaya  

Kisah Fáfnir berkelanjutan memberikan pengaruh di masa modern, semisal mahakarya J,R.R.Tolkien dalam ekspresi imajinasinya tentang Smaug dan Gollum.

Di Indonesia, legenda Angling Dharma dikisahkan pada tujuh panil relief Candi Jago yang berawal dengan adegan naga jantan sedang asyik merayu naga betina.

Naga juga tampil pada lelakon Wayang Purwa, semisal, pada kisah Dewa Ruci. Satu dari sekian banyak istri Bima adalah Nagagini putri Sang Hyang Batara Anantaboga (Batara Antaboga) dengan Dewi Supreti dari Kahyangan Saptapratala.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dewi Nagagini mempunyai adik kandung bernama Bambang Nagatatmala. Dewi Nagagini menikah dengan Bima. Keduanya bertemu, tatkala keluarga Pandawa dan Dewi Kunti dalam upaya menyelamatkan diri dari rencana pembunuhan oleh keluarga Kurawa dalam peristiwa rumah damar di hutan Wanayasa (peristiwa "Bale Sigala-gala") sampai di Kahyangan Saptapratala.

Dari perkawinan Nagagini dengan Bima, lahir Antareja yang kulit tubuhnya bersisik seperti ikan serta sakti mandraguna mahir menyelam dalam air mirip Aquaman dalam serial DC atau Namor dalam serial Marvel.

Sebagai warga Indonesia yang cinta Indonesia, saya pribadi menggemari makanan kecil tradisional khas Indonesia yang layak dinominasikan ke UNESCO untuk dimaklumatkan sebagai warisan budaya kuliner Nusantara, yaitu Nagasari. MERDEKA!

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image