Peristiwa Penting di Hari ke-170 Perang Hamas-Israel: Pesawat Israel Serang Gaza Selatan

Militer  
Asap mengepul dari Gaza di tengah serangan Israel terhadap wilayah kantong Palestina yang terkepung [Amir Cohen/Reuters]
Asap mengepul dari Gaza di tengah serangan Israel terhadap wilayah kantong Palestina yang terkepung [Amir Cohen/Reuters]

Perjuangan dan krisis kemanusiaan

- Pesawat-pesawat tempur Israel telah melancarkan serangan terhadap Khan Younis, dengan ledakan dan tembakan dilaporkan terjadi di dekat Kompleks Medis Nasser di selatan Kota Gaza. Setidaknya 14 warga Palestina tewas dalam serangan Israel semalam di Rafah dan Deir el-Balah.

- Upaya mediasi untuk mengakhiri perang Israel di Gaza tampaknya terhenti. Seorang pejabat Hamas mengatakan kepada Al Jazeera bahwa perunding Israel telah menolak proposal gencatan senjata terbaru.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

- Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres kembali menyerukan gencatan senjata kemanusiaan segera di Gaza, selama kunjungannya ke perbatasan Rafah di sisi Mesir. “Serangan lebih lanjut akan memperburuk keadaan – lebih buruk bagi warga sipil Palestina, lebih buruk lagi bagi para sandera, dan lebih buruk lagi bagi semua orang di wilayah tersebut,” kata Guterres.

- Guterres menyebut kelaparan di daerah kantong yang terkepung itu sebagai “kemarahan moral”. Israel telah membatasi masuknya truk ke Jalur Gaza – sehingga menyebabkan penumpukan kendaraan yang memuat pasokan di sisi penyeberangan Rafah di Mesir.

- Sebuah kapal tanker minyak milik Tiongkok diserang di lepas pantai Yaman pada hari Sabtu oleh rudal balistik yang ditembakkan oleh pemberontak Houthi Yaman, yang telah mengintensifkan serangan terhadap pengiriman Laut Merah, kata militer AS. Kelompok Houthi menuntut Israel mengakhiri perangnya di Gaza.

- Komando Pusat militer AS mengatakan pasukannya “melawan” enam drone Houthi di Laut Merah selatan pada hari Sabtu.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image