Iacaterra, Ibu Kota VOC Yang Gagal

Sejarah  
Litografi suasana Sunda Kelapa zaman VOC.
Litografi suasana Sunda Kelapa zaman VOC.

Di tahun 1659 VOC masih bermarkas di pulau Kapal (0nrust) sejak 1619. Orang2 Belanda sudah merecanakan mendirikan ibukota di Majakatera, Iacaterra. Mereka sendiri baru mulai berdatangan ke Sunda Kalapa pada tahun 1595, tapi Cornelis de Houtman ke Banten.

Majakatera, lihat litografi di atas, sebelah selatan Sunda Kalapa Pasar Ikan dibatasi Kali Item. Kali Item mengalir menuju muara Kali Adem.

Di Majakatera Belanda berniat membuat kastil dan benteng. Ketika Jan Pieterszon Coen pada 1619 minta izin kepada Syahbandar Sunda Kalapa Arya Ranamanggala mau bangun kantoor, ditolak Syahbandar (see: van der Zee). Belanda lalu ke pulo Onrust sampai tahun 1707.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Cita-cita Belanda selain kastil juga mau bikin galangan kapal. Ini tak pernah terwujud sampai RI merdeka. Tapi sementara para arkeologi kalau lihat tembokan langsung saja teriak, kastiiil.

Litografi atas itu tahun 1700-an, tak ada kasteel. Juga galangan kapal tak ada, yang terlihat prau jukung lagi parkir.

VOC tak ada konsep mau apa mereka di Indonesia. Akhirnya berbuat kekerasan pada penduduk. Berbagai cara begini malah tak membantu mereka mendapatkan emas yang mereka dambakan.

VOC gagal di Indonesia. Rugi bandar.

Kastil Batavia yang sudah dihancurkan
Kastil Batavia yang sudah dihancurkan

*** Penulis: Ridwan Saidi, Politisi Senior, Sejarawan, dan Budayawan Betawi.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image