Akibat Serangan Rusia, 30 Situs Warisan yang Terdaftar di Ukraina Hancur atau Rusak Parah.

Politik  
Monumen neoklasikisme, Katedral Assumption.
Monumen neoklasikisme, Katedral Assumption.

Ketika dahulu Amerika Serikat menyerang Irak, banyak sekali situs cagar budaya Irak yang hancur atau dijarah orang. Kini, kala Rusia menyerang Ukraina pun begitu. Seorang warga Kharkiv, di Ukraina menjeritkan kepilauan hatinya soal itu. Kisahnya di muat dalam Web decomomo.com.

Teman-teman DOCOMOMO yang terhormat, hari ini kami menerima berita pertama dari rekan kami yang tonggal di Kharkiv, Ukraina:

“Kharkiv kampung halaman saya, yang selama bertahun-tahun telah menjadi subjek penelitian ilmiah, kunjungan dan proyek pendidikan saya, kini dikelilingi oleh tentara Rusia dan setiap hari berada di bawah serangan yang tidak manusiawi dan besar-besaran oleh senjata yang dilarang oleh semua konvensi seperti bom peledak dan bom cluster.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Rusia justru menghancurkan infrastruktur dan objek sipil, daerah pemukiman, menembaki tempat-tempat ramai, tidak mengizinkan Palang Merah atau penyediaan makanan ke kota. Ini adalah genosida kota berpenduduk 2 juta orang, pusat intelektual, industri dan budaya Ukraina.

Padahal, Kharkiv juga sebagai ibu kota konstruktivisme Ukraina. Di sinilah objek terbaik dari modernisme antarperang. Misalnya, Derzhprom (atau Gosprom) yang terkenal.

Tapi, selain itu, kota ini memiliki banyak benda warisan yang memiliki arti penting lokal dan nasional dari periode sejarah lainnya. Misalnya, kemarin sebuah monumen neoklasikisme, Katedral Assumption, dan objek tahun 1914 – Istana Buruh (bekas Rumah Perusahaan Asuransi Rossiya), dibom secara besar-besaran.

Saat ini, setidaknya 30 situs warisan yang terdaftar telah hancur atau rusak parah. Yang lain tetap berisiko karena Rusia tidak menghentikan serangan, bahkan selama prosedur negosiasi. Ini bukan hanya bencana kemanusiaan, tidak hanya kejahatan perang, tetapi juga penghancuran biadab warisan arsitektur kota-kota Ukraina, ingatan dan budaya kita.

Di sini saya hanya mengirimkan 2 foto yang menggambarkan hasil penembakan hanya dalam 2 hari terakhir. Dan ini hanya sebagian kecil. Fotografer , mempertaruhkan nyawanya setiap hari, memotret semua kehancuran dari pesawat dan rudal Rusia.”

Kami berharap perusakan kehidupan dan warisan budaya segera berhenti.

**** sumber: shttps://docomomo.com/ukraine-modern-heritage/

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image