Siapa Negara Pemasok Senjata ke Ukraina untuk Melawan Rusia

Politik  

Uni Eropa

Untuk pertama kalinya dalam sejarahnya, UE membiayai pembelian dan pengiriman senjata setelah para pemimpin setuju untuk mengangkut senjata senilai 450 juta euro ($502 juta) ke Kyiv.

Kepala kebijakan luar negeri Josep Borrell mengatakan beberapa negara mengirim jet tempur Ukraina.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Britania Raya

Pada bulan Januari, Menteri Pertahanan Ben Wallace mengatakan Inggris telah “mengambil keputusan untuk memasok Ukraina dengan sistem senjata pertahanan anti-armor ringan”.

Pada hari Rabu, Downing Street menjanjikan dukungan militer ke Ukraina, termasuk senjata pertahanan yang mematikan.

“Mengingat perilaku yang semakin mengancam dari Rusia dan sejalan dengan dukungan kami sebelumnya, Inggris akan segera memberikan paket dukungan militer lebih lanjut ke Ukraina,” Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan kepada parlemen. “Ini akan mencakup bantuan mematikan dalam bentuk senjata pertahanan dan bantuan tidak mematikan.”

Peta Rusia-Ukraina Siapa yang mengontrol apa di Ukraina 
Peta Rusia-Ukraina Siapa yang mengontrol apa di Ukraina

Perancis

Prancis, yang telah mengirim bantuan, mengirimkan lebih banyak peralatan militer serta bahan bakar.

Paris mengatakan telah bertindak atas permintaan Ukraina sebelumnya untuk pertahanan anti-pesawat dan senjata digital.

Belanda

Belanda akan memasok roket pertahanan udara dan sistem anti-tank ke Ukraina, kata pemerintah Belanda dalam surat kepada parlemen, Sabtu.

Pemerintah Belanda menyetujui permintaan Ukraina untuk segera mengirimkan 200 roket pertahanan udara Stinger dan 50 senjata anti-tank Panzerfaust 3 dengan 400 roket, kata surat itu.

Ia juga bersama-sama mempertimbangkan untuk mengirim sistem pertahanan udara Patriot bersama Jerman ke kelompok tempur NATO di Slovakia, katanya.

Jerman

Jerman akan memasok Ukraina dengan 1.000 senjata anti-tank dan 500 rudal permukaan-ke-udara Stinger dari saham Bundeswehr untuk pertahanan melawan Rusia.

Ini adalah perubahan besar dari kebijakan lama Berlin yang melarang ekspor senjata ke zona konflik.

“Invasi Rusia ke Ukraina menandai titik balik. Adalah tugas kami untuk melakukan yang terbaik untuk mendukung Ukraina dalam mempertahankan diri melawan tentara invasi Putin, ”kata Kanselir Jerman Olaf Scholz pada hari Sabtu.

Kanada

Ottawa mengirim persenjataan militer mematikan ke Ukraina dan meminjamkan setengah miliar dolar Kanada ($394 juta) kepada Kyiv untuk membantu mempertahankan diri.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image