Mengapa Ferdinand Marcos Jr memenangkan pemilihan Filipina?

Politik  

Siapa Sara Duterte?

Sara Duterte, 43, pertama kali menarik perhatian nasional satu dekade lalu, ketika dia meninju seorang sheriff setempat empat kali di kepala, di depan kerumunan wartawan. Dia kemudian menjadi walikota Kota Davao, di pulau selatan Mindanao, di mana keluarganya sangat berkuasa. Dia sebelumnya telah bertukar tempat dengan ayahnya sebagai walikota Davao, dan memegang peran itu hingga awal tahun ini.

Seorang pecinta sepeda motor, dia memiliki gaya tangguh yang sama dengan ayahnya. Namun, retorikanya kurang kasar dan ekstrem (ia menyebut paus sebagai "anak pelacur", bercanda tentang pemerkosaan, dan pernah muncul untuk membandingkan dirinya dengan Hitler).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Banyak yang mengantisipasi bahwa dia akan mencalonkan diri sebagai presiden, dan poster tahun lalu muncul di seluruh negeri dengan kata-kata: "Lari, Sara, lari".

Berlari bersama Marcos menyatukan dua keluarga politik paling kuat di Filipina, dan menyatukan basis dukungan mereka di utara dan selatan negara itu.

Kemitraan mereka mencerminkan tidak hanya saling menjaga keluarga mereka, tetapi dari sistem yang lebih luas dari dinasti politik yang mendominasi politik di Filipina, kata Iglesias, yang merujuk pada laporan bahwa kemitraan mereka ditengahi oleh mantan presiden Gloria Macapagal Arroyo. “Jika dia tidak menengahi tandem ini, mereka mungkin akan saling berhadapan, dan itu akan menghancurkan basis mereka yang saling memperkuat,” kata Iglesias. Dalam skenario seperti itu, kemenangan mungkin berada dalam genggaman seseorang seperti wakil presiden Leni Robredo, seorang kandidat yang menjanjikan reformasi, termasuk undang-undang anti-dinasti.

Apa yang bisa kita harapkan dari kepresidenan Marcos Jr?

Jika hasil dari penghitungan suara awal dikonfirmasi, Marcos Jr akan memiliki mandat besar. Namun, kampanyenya tipis pada detail kebijakan, sehingga analis mengatakan tidak jelas bagaimana dia akan menggunakan keuntungan ini. Marcos mungkin berusaha mengubah konstitusi 1987, kata Iglesias. Misalnya, dia mungkin mencoba mengubah aturan yang melarang presiden mencalonkan diri kembali pada akhir masa jabatan enam tahun.

Marcos akan mewarisi situasi ekonomi yang menantang, tambah Sonny Africa, direktur eksekutif Yayasan IBON. “Data bank sentral terakhir dari kuartal terakhir tahun 2021 menunjukkan bahwa tujuh dari 10 keluarga tidak memiliki tabungan sama sekali, baik di bank atau di bawah kasur mereka,” katanya, sementara sejumlah besar usaha kecil runtuh. Namun, kubu Marcos tidak memberikan gambaran tentang bagaimana mereka akan mengatasi masalah ini, tambahnya.

Marcos mengatakan bahwa dia hanya akan mengizinkan pengunjung dari pengadilan pidana internasional untuk memasuki negara itu sebagai turis, mencegah jaksa menyelidiki "perang melawan narkoba" Duterte di negara itu.

Dia juga diharapkan untuk mengejar hubungan yang lebih dekat dengan China, melanjutkan kebijakan pemerintahan Duterte.

sumber: https://www.theguardian.com/world/2022/may/10/philippines-election-qa-why-did-macros-jr-win-and-what-can-we-expect-from-his-presidency

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image