Berburu Harta Karun Nazi di Berbagai Bank Swiss

Sejarah  

Menyambut Nazi

Menurut catatan sejarah rezim militer pro-Nazi di Argentina pimpinan Presiden Jose Felix Uriburu — juga dijuluki Von Pepe — dan penggantinya; Agustin Pedro Justo, menyambut baik kehadiran Nazi di Argentina selama masa kekuasaannya.

Dokumentasi itu, dengan nama-nama kontributor perjuangan Nazi, ditemukan di Kongres Argentina tahun 1941, setelah serangan polisi ke markas besar Persatuan Serikat Jerman selama pemerintahan anti-Nazi Presiden Roberto Ortiz.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ketika Grupo de Oficiales Unidos, atau Kelompok Perwira Bersatu, yang pro-Nazi mengambil alih Argentina tahun 1943, seluruh temuan hasil penggrebekan itu — termasuk daftar 12 ribu nama — dibakar.

Namun, Filipuzzi menemukan salinan asli daftar itu ketika bekerja di ruang penyimpanan di bekas markas besar Nazi di Buenos Aires tahun 1984. Saat itu Filipuzzi berusia 20 tahun.

Daftar setebal 500 halaman itu mencantumkan nama dalam urutan abjad serta tanggal lahir, dan angka besar yang diyakini sebagai referensi uang.

Sejumlah perusahaan Jerman yang memiliki kantor di Argentina saat itu juga disebut dalam daftar.

Bild mengatakan selama bertahun-tahun pendukung Nazi di Argentina membayar jutaan dolar ke rekening di Banco Transalantico Aleman, akan perusahaan Deutsche Bank.

Secara resmi, uang itu digunakan untuk Bantuan Musim Dingin Jerman, dikenal sebagai Winterhilfswerk — sebuah penggalangan donasi tahunan oleh Kesejahteraan Rakyat Sosialis Nasional. Seharusnya uang itu digunakan membiayai pekerjaan amal.

Menurut Bild, tidak semua uang jatuh ke tangan Nazi, dengan daftar yang menunjukan sebagian uang itu masuk ke rekening di Credit Suisse.

Aset rahasia ini dikelola secara pribadi oleh presiden bank Ludwig Freude, yang meninggal tahun 1956, seorang pengusaha Jerman-Argentina dan Sosialis Naisonal bersemangat.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image