Ke Mana Nasib Tahta Kerajaan Inggris Sepeninggal Elisabeth II?

Politik  

Raja Charles III dan masa depan persemakmuran

Efek Barbados, sebut saja begitu, relatif belum terlihat. Namun, menurut James McBride dalam Queen Elizabeth II Is the Monarch of Fifteen Countries. What Does That Mean?, efek Barbados mulai muncul di negara-negara Karibia.

Menariknya, pemicunya adalah gerakan Black Lives Matter yang melanda dunia sepanjang 2020, dan protes di Inggris yang sering fokus pada dampak perbudakan di koloni-koloni Karibia, serta peran kekayaan Kerajaan Inggris dan kekuatan global.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Beberapa perusahaan Inggrisyang terlibat perdagangan budak berjanji menebus kesalahan, tetapi Barbados dan anggota Komunitas Karibia (Caricom) menekan pemerintah Eropa untuk reparasi penuh.

Jamaikan, misalnya, secara langsung mengajukan petisi kepada Ratu Elizabeth II untuk reparasi atas peran takhta Inggris dalam perdagangan budak transatlantik. PM Jamaika Andrew Holness melangkah lebih jauh pada Maret 2022 dengan mengumumkan keinginan merdeka dari takhta Inggris.

Richard Drayton, sejarawan dari Kings College, mengatakan; "Barbados menjadi titik kritis." Namun Aaron Kamugisha dari Universtias Hindia Barat Barbados mengatakan efek Barbados kemungkinan akan terbatas, mengingat beberapa negara memiliki persyaratan lebih ketat untuk lepas dari takhta Inggris.

Di Kanada, misalnya, butuh reformasi konstitusi untuk lepas dari Inggris. Perubahan konstitusi butuh persetujuan bulan dari sepuluh propinsi dan parlemen.

Dukungan terhadap gagasan republik di Kanada tetap di bawah mayoritas tapi terus tumbuh dalam beberapa tahun terakhir. Penyebab selama ini adalah popularitas Ratu Elizabeth II.

Para ahli mengatakan warga Kanada memiliki tingkat rasa hormat tinggi kepada keluarga Kerajaan Inggris, teruama semasa Ratu Elizabeth II. Sepeninggal Ratu Elizabeth II, akankah rasa hormat itu masih ada. Semuanya serba tidak pasti.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image