Dinasti Muslim Terkenal: Dari Tentara Bayaran Hingga Penguasa Tunggal

Sejarah  
Tentara dinasti Malmuk.
Tentara dinasti Malmuk.

Apakah Anda ingat kata-kata apa yang dimulai dengan trailer film Ridley Scott tahun 2000 "Gladiator"? “Jenderal yang menjadi budak. Budak yang menjadi gladiator. Gladiator yang menentang kaisar”.

Nha, jika kita mengacu pada sejarah, kita akan segera memahami bahwa satu-satunya cara untuk mendapatkan kekuasaan atau status di Roma adalah melalui pemberontakan budak Spartacus. Namun, terlepas dari gambar artistik yang berwarna-warni di layar, perlu disebutkan bahwa seorang budak tidak memiliki kesempatan untuk keluar dari posisinya dalam kenyataan.

Sebabnya, bagaimanapun, dunia kita melewati banyak zaman sejarah, Islam menyebar ke berbagai negara, yang telah mengetahui dan mengalami pemberontakan orang-orang yang diperbudak, yang tidak hanya menyingkirkan status memalukan mereka, tetapi juga menjadi kepala seluruh negara. Dan hari ini kita akan belajar tentang beberapa individu tersebut, yang berhasil mengubah arus sejarah dan mengubah hidup mereka sendiri.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kami ingin mencatat bahwa sayangnya, perbudakan ada (dan masih ada secara tidak resmi di beberapa bagian planet kita) di setiap masyarakat hingga Zaman Baru ini, termasuk juga masyarakat Muslim, meskipun faktanya hukum Islam kaya akan aturan yang cukup ketat mengenai posisi seorang budak dalam masyarakat dan sikap terhadap mereka.

Menurut para ahli di bidang hukum, pendekatan Islam terhadap fenomena seperti perbudakan adalah untuk membuatnya begitu membatasi, sehingga pada akhirnya akan mengarah pada penghapusan alami.

Menurut Jonathan Braun, penulis buku “Slavery and Islam”, konsep “perbudakan” sangat berbeda tergantung pada waktu dan lokasi geografis, sehingga tidak sepenuhnya tepat untuk menggunakan kata yang sama untuk menggambarkan keadaan seperti itu. fenomena.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image