Dinasti Muslim Terkenal: Dari Tentara Bayaran Hingga Penguasa Tunggal

Militer  

Siddi di India

Begitu juga dengan suku Kipchaks, di India ada kelompok lain dari orang-orang yang diperbudak yang kemudian mempengaruhi sejarah wilayah tersebut. Budak dari Afrika Timur dibawa ke anak benua selama berabad-abad dan akhirnya mengarah pada pembentukan komunitas Afrika kulit hitam, yang dikenal sebagai Siddi (atau Sheedi).

Salah satu yang pertama membuat nama untuk dirinya sendiri adalah Jamal ud-Din Yaqut. Yaqut dimulai sebagai seorang prajurit Kesultanan Delhi tetapi akhirnya ia menjadi orang kepercayaan dekat Razia Sultana, salah satu dari sedikit ratu dalam sejarah Islam.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Penggemar Bollywood klasik dapat mengetahui (tentu saja, meromantisasi) sejarah karena film tahun 1983 "Razia Sultana" dengan aktor kultus Dharmendra dalam perannya. Namun, Siddi yang paling terkenal muncul bertahun-tahun kemudian. Malik Ambar (1548-1626) adalah seorang tentara budak Ethiopia, yang akhirnya menjadi Perdana Menteri Kesultanan Ahmadnagar dan penguasa yang sebenarnya. Dia menantang klaim Mughal Greats untuk menaklukkan kesultanan, mendirikan sistem pajak baru, dan menugaskan banyak bangunan dan infrastruktur.

Sebelum Ambar, Ikhlas Khan, budak lain dari Afrika Timur, yang menjadi nabob, telah menjadi penguasa sebenarnya dari negara tetangga Bijapur. Komunitas Siddi akhirnya mendirikan negara Janjira dan dinasti, yang tidak pernah ditaklukkan atau direbut oleh tentara lawan, dan ada sampai India merdeka dari kekuasaan Inggris.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image