Dinasti Muslim Terkenal: Dari Tentara Bayaran Hingga Penguasa Tunggal

Militer  

Mamluk Mesir

Selama berabad-abad, ketika banyak kerajaan muncul dan runtuh di dunia Muslim, ghilman, yang sekarang lebih terkenal sebagai Mamluk, menawarkan jasa mereka kepada mereka yang memegang tampuk kekuasaan atas negara tertentu.

Faktanya, Mamluk sendiri akan menjadi penguasa kekaisaran yang sebenarnya, karena mereka memegang posisi tinggi di berbagai negara bagian. Di dunia Islam Barat, mereka muncul di masa akhir dinasti Ayyubiyah di Mesir, ketika mereka secara resmi telah menguasai dan menjadikan diri mereka penguasa kerajaan yang telah mereka kuasai dari balik layar selama bertahun-tahun.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Puncak pemerintahan mereka adalah pada masa Baibars. Dia merebut kekuasaan setelah Mamluk menghentikan gerak maju Mongol di Pertempuran Ain Jalut pada 1260. Mamluk meninggalkan warisan mereka yang kaya di Kairo abad pertengahan, banyak di antaranya dapat dilacak di menara dan masjid kota tua yang sangat disukai para pelancong. banyak.

Di dunia Islam Timur, setelah dinasti Ghaznavid, era Ghurid datang dan ketika penguasa Ghurid terakhir meninggal, tentara budaknya Jenderal Qutb al-Din Aibak (seorang Turki Kipchak, seperti Mamluk Mesir) merebut kekuasaan dan mendirikan Mamluk lain. kerajaan di India, yang lama kelamaan semakin dikenal sebagai Kesultanan Delhi.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image