Mencari Warisan Islam Dalam Musik: Dari Ibu Sina, Al Faraby, Hingga Cat Steven

Agama  

Namun zaman keemasan musik itu berhenti setelah jatuhnya Baghdad akibat diserang bala tentara Mongolia. Entah mengapa, pada waktu itu para musisi mulai terkena berbagai macam diskriminasi dengan munculnya peraturan perumahan, sebagai usaha melarang mereka menggelar pertunjukan musik.

Pencekalan ini pun sebenarnya pernah berusaha dilawan oleh Ibnu Khaldun. Dia tetap berupaya keras untuk menggelar pertunjukan musik dengan cara menggelar karya-karya yang diambil dari ‘Progomena’. Tindakan perlawanan atas pembatasan kreasi itu terus dicoba dijalankan oleh Mustarat al Ibhisi yang meninggal padatahun 1446 M.

Alhasil, dari sinilah nasihat Sokrates bahwa musik hanya membuat ‘banal’ peradaban tak terbukti. Musik tak selalu membuat orang menjadi lemah mentalnya. Bahkan sebaliknya, melalui komposisi yang baik, musik bahkan dapat menjadi pengobar semangat bagi prajurit yang akan maju bertempur.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pada sisi lain, musik juga menyumbangkan banyak arti bagi peradaban. Dan sampai sekarang pun kepercayaan ini masih terbukti benar adanya!

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image