Apa Itu Aljabar? Bermula dari temuan Khawarizmi Hingga di klaim Lidah Eropa Algebra

Sejarah  
Monumen Al  Khawarizmi, bapak Aljabar asal Uzbekistan. Dia adalah ilmuwan besar ketika Islam menjadi pusat ilmu pengetahuan dunia di Baghdad.
Monumen Al Khawarizmi, bapak Aljabar asal Uzbekistan. Dia adalah ilmuwan besar ketika Islam menjadi pusat ilmu pengetahuan dunia di Baghdad.

Aljabar atau algebra (bahasa Inggris) adalah berasal dari kata dalam bahasa Arab الجبر (al-jabr) 'penyatuan kembali bagian-bagian yang rusak, penyusunan tulang'): adalah salah satu bidang matematika yang luas. Secara kasar, aljabar adalah studi tentang simbol-simbol matematika dan aturan untuk memanipulasi simbol-simbol ini dalam rumus; Alkabar] itu adalah benang pemersatu dari hampir semua matematika.

Dengan kata lain, Algebra adalah cabang matematika yang membantu dalam representasi masalah atau situasi dalam bentuk ekspresi matematika. Ini melibatkan variabel seperti x, y, z, dan operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian untuk membentuk ekspresi matematika yang bermakna. Semua cabang matematika seperti trigonometri, kalkulus, geometri koordinat, melibatkan penggunaan aljabar. Salah satu contoh sederhana ekspresi dalam aljabar adalah 2x + 4 = 8.

Aljabar berurusan dengan simbol dan simbol-simbol ini terkait satu sama lain dengan bantuan operator. Ini bukan hanya konsep matematika, tetapi keterampilan yang kita semua gunakan dalam kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari. Memahami aljabar sebagai sebuah konsep lebih penting daripada memecahkan persamaan dan menemukan jawaban yang benar, karena aljabar berguna dalam semua topik matematika lainnya yang akan Anda pelajari di masa depan atau yang telah Anda pelajari di masa lalu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Apa itu Aljabar?

Aljabar adalah cabang matematika yang berurusan dengan simbol dan operasi aritmatika di simbol-simbol ini. Simbol-simbol ini tidak memiliki nilai tetap dan disebut variabel. Dalam masalah kehidupan nyata kita, kita sering melihat nilai-nilai tertentu yang terus berubah. Tapi ada kebutuhan konstan untuk mewakili nilai-nilai yang berubah ini. Di sini dalam aljabar, nilai-nilai ini sering dilambangkan dengan simbol seperti x, y, z, p, atau q, dan simbol-simbol ini disebut variabel. Selanjutnya simbol-simbol tersebut dimanipulasi melalui berbagai operasi aritmatika penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, dengan tujuan untuk mencari nilai.

Cabang Aljabar

Kompleksitas aljabar disederhanakan dengan penggunaan banyak ekspresi aljabar. Berdasarkan penggunaan dan kompleksitas ekspresi, aljabar dapat diklasifikasikan ke dalam berbagai cabang yang tercantum di bawah ini:

Pra-aljabar

Aljabar Dasar

Aljabar Abstrak

Aljabar Universal

Pra-aljabar

Cara dasar menyajikan nilai yang tidak diketahui sebagai variabel membantu membuat ekspresi matematika. Ini membantu dalam mengubah masalah kehidupan nyata menjadi ekspresi aljabar dalam matematika. Membentuk ekspresi matematis dari pernyataan masalah yang diberikan adalah bagian dari pra-aljabar.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image