Kisah Makna Toleransi dan Pancasila Sejati: Ingat Kampung Jelang Natal

Budaya  

Bila mengenang itu kini saya merasa sedih, terutama ketika melihat suasana ibadah Natal yang dijaga polisi lengkap dengan metal detektornya Ini karena itu tidak pernah kami alami. Semenjak eyang kami dahulu tak ada soal dengan perbedaan agama. Ini karena dari masing-masing kerabat kami, semua punya anak yang kemudian menjadi ulama dan pendeta yang disegani. Mereka melayani umatnya masing-masing diberbagai wilayah. Bahkan, sejak dahulu ada yang menjadi pemuka agama di Nusa Tenggara Barat.

Namun, kesedihan kami sedikit terobati, ketika kami mendengar bahwa kampung kami ditetapkan sebagai 'Kampung Pancasila'. Terasa ada kebanggan memang. Meskipun kadang kami merasa berlebihan karena di penjuru kampung ditulis besar-besar dalam spanduk. Dan ini pun terasa mulai berlebihan ketika aparat keamanan ikut-ikutan memasang spandung kampung Pancasila, misalnya persis di belakang lubang penyemvelihan hewan kurban pada peringatan Idul Adha lalu. Setelah itu, para petugas keamanan (Babinsa) berfoto-foto yang katanya akan dikirimkan ke komandannya sebagai bentuk laporan kerja.

Kami harus akui, para Babinsa itu bekerja dengan sangat baik. Merekalah yang membantu warga ketika ada ancaman bahaya. Banyak warga kamii merasa terharu ketika ada seorang petugas berseragam hijau mengetuk pintu rumah kala terjadi hujan lebat hanya untuk menanyakan apakah anggota keluarga semua aman?

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Mendaptkan layanan seperti itu, warga banyak yang menitik air mata melihat ketulusan dan rasa tanggungjawab pengabdian petugas Babinsa itu. Hebatnya, ketika diminta masuk untuk diajak minum sejenak karena hujan sangat deras dan dia hanya berjalan kaki memakai mantel, si petugas menolak. Petugas inii sampai kini sangat disayangi warga.

Itulah toleransi sejati! Itulah Pancasila sejati! Itulah petugas dan pengabdi negara sejati! Rakyat tak perlu slogan dan pecitraan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image