Kisah Kapitein der Chinezen Karawaci Oey Djie San yang Meninggalkan Jabatannya

Sejarah  

Karawaci dan Oey Djie San

Oey Djie San bukan landheer yang muncul tiba-tiba. Ia adalah putra Oey Khe Thaij, kapitein der Chinezeen Tangerang, dan cicit Oeij Eng Sioe. Sebagai putra tertua Oey Khe Thaij, Oey Djie San menerima warisan bidang-bidang tanah Karawatji 1 dan 2, Karet, Ketos, Gandoe, dan Onnom. Karet, Ketos, dan Onnom tercatat dalam satu nama, yaitu Tjilongok dalam Regerings-Almanak voor Nederlandsche-Indie 1900.

Ia mengambil alih Grendeng of Karwatji dari keluarga Oeij Eng Sioe, kakek buyutnya. Ia membeli Grendeng 2 dari Mas Baderoen cs, dan membiarkan sebagian Gedeelte Grendeng atau Grendeng 1 — kemudian menjadi Grendeng of Karawatji Ilir — tetap dimiliki Tan Keng Liong, ahli waris Tan Keng Seng.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Oey Djie San menyatukan seluruh tanah itu dalam satu perusahaan bernama NV Cultuur-maatschappij Krawatji-Tjilongok. Ia mengelola langsung sebagian besar tanah itu, dan menyerahkan pengelolaan Gandoe kepada Tjan Bi Seng, dan mengubah Krawatji 2– demikian Regerings-Almanak voor Nederlandsche-Indie 1900 menulisnya — sebagai pemakaman masyarakat Cina yang dikelola Lauw Kieo Soeij.

Secara keseluruhan Oey Djie San menjadi tuan di atas 20.026 bouw, atau 16 ribu hektar tanah partikelir, dengan penduduk 33.417 di dalamnya. Ia menjadi powerful untuk mengambil alih posisi kapitein der Chinezen Tangerang dengan cara di luar kesepakatan tradisional.

Meski menjadi yang terkaya di Tangerang sebelum abad ke-20, Oey Djie San belum pernah duduk sebagai letnan di Dewan Tionghoa Tangerang. Saat Oey Giok Koen menjadi kapiten sejak 1899, dua letnan di bawahnya adalah Ang Kong Pan dan Kho Po Tjoan.

Oey Giok Koen, yang masih kerabat Oey Djie San, mengundurkan diri. Sesuai tradisi, kapten berikutnya adalah letnan tertua dan terlama menjabat. Konvensi ini dilanggar, dan Oey Djie San — yang tak punya pengalaman dalam birokrasi pemerintah komunitas Tionghoa Tangerang — dilantik sebagai kapten.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image