Menjelang Seleksi Petugas Haji: Tuluslah dan Sadarkan akan Tugas Suci Sebagai Pelayan Jamaah!

Agama  

Selama ini tampak jelas para jurnalis yang berangkat haji tidak siap lahir batin. Mereka tidak tahu dan tidak mau tahu mengenai seluk beluk pelaksanaan ibadah haji di Makkah, Jeddah, atau Madinah. Kebanyakan mereka datang dengan pengetahuan minim akan soal itu. Akibatnya, mereka ‘geradak-geruduk’ ketika harus melaporkan liputannya.

Berbagai alasan yang lazim dikatakan, hal itu sebagai akibat dari soal kendala akomodasi, gegar budaya, usia dan kendala tubuh lainnya, hingga kejujuran dan ketulusan akan ‘minimalnya’ niat untuk melayani. Mereka memandang kepergiannya ke Makkah merupakan ‘hadiah’ untuk berhaji. Padahal mungkin mereka berhaji tapi kualitas ‘isto’ah’ menjadi tak jelas karena mereka tidak menunaikan kewajiban dan beban kerjanya dengan baik.

Alhasil, tak ayal bila bila banyak keanehan yang terjadi. Ada wartawan ketika melliput haji hanya sibuk mendekam di kantor ‘daker’ saja. Mereka mengandalkan berita dari rilis atau omongan pejabat petugas haji. Mereka malas pergi ke luar untuk liputan karena takut sengatan panas atau takut hilang di tengah hiruk pikuk kota suci. Mereka ke luar hanya untuk belanja dan beribadah. Sesampai di Makkah yang ada dipikiran adalah bagaimana mengirmkan oleh-oleh ke tanah air, sebanyak-banyaknya dan secepat-cepatnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Yang konyol lagi, pernah terjadi kasus petugas haji malah sibuk pacaran. Dan ini baru ketahuan ketika semua petugas pulang ternyata ada laporan dari keluarganya bahwa si peliput haji itu belum sampai di rumah. Ada juga jurnalis perempuan yang sesumbar akan membuat liputan esklusif selama di Makkah, padahal kondisinya tak memungkinkan. Dia sama sekali tak sadar bahwa dirinya adalah seorang perempuan (Makkah tidak ada perempuan yang pergi ke luar rumah seorang diri) dan tak paham budaya Arab. Lagi pula dia tak paham bahasa Arab.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image