Melawan Arus Batang Kuantan, Kisah 75 Tahun Rombongan Syaruddin Menuju Ranah Rajo Ibadat

Sejarah  

Melayani tanpa Batas

Masyarakat di Nagari Sumpur Kudus, tidak pernah menduga Presiden PDRI dan rombongan datang ke kampung mereka. Rombongan itu datang, tanpa memberi kabar terlebih dulu. Sjafruddin Prawiranegara,menurut kesaksian Mansoer Dt. Penghulu Mudo pernah menginap di rumahnya dan sering mobile. Terkadang berada di Calau, esok harinya bisa di rumah Halifah (mertua Buya Syafii Maarif) di Sumpur Kudus.

Ketika pasukan sender tiba di Calau, mereka langsung menerima perintah dari Sjafruddin, untuk mengoontak Gubernur Militer Sumatera Barat Mr. Sutan Moh. Rasjid yang berkedudukan di Nagari Koto Tinggi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berita yang harus mereka sampaikan kepada Gubernur antara lain agar Mr. Sutan Moh. Rasjid dan lr. Mananti Sitompul, untuk segera menghadiri rapat pleno tanggal 14 sampai dengan 17 Mei l949 di Nagari Silantai–sebuah nagari yang berada dekat dengan Halaban dan Sumpur Kudus.

Bagi awak Stasiun Radio AURI ”UDO” ini, tidaklah susah untuk segera mengudara. Alat sendernya yang kecil dengan antena yang seolah-olah hanya disampirkan dari pohon ke pohon, maka Stasiun Radio tersebut sudah dapat berhubungan dengan lawan Stasiun Radio di Jawa, bahkan di luar negeri.

Untuk menjamin keamanan Sjafruddin dan rombongan, selain dikawal tentara dari kesatuan AURI dan PMT, juga dijaga oleh pemuda-pemuda yang berasal dari Badan Pengawal Nagari/Kota (BPNK).

Namun, jangan ditanya sejauh mana sumbangsih masyarakat untuk seorang Sjafruddin Prawiranegara dan rombongan. Kalangan ibu-ibu yang berjumlah 28 orang, dan bertugas di dapur umum, sibuk mencari ikan tawar, sayuran, dan lauk pauk lainnya, untuk dimasak, dan disugihkan kepada rombongan PDRI.

Setiap pagi, perempuan-perempuan di Sumpur Kudus sudah berada di dapur umum, untuk memasak. Masakan yang biasanya mereka sajikan untuk rombongan PDRI, adalah ikan asin lado merah, goreng kentang, ikan goreng, maupun ikan gulai.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image