Zat Kimia Perdamaian: Efek Linangan Air Mata Wanita Membuat Pria Kurang Agresif?

Budaya  

Memproduksi air mata telah lama dianggap sebagai perilaku unik manusia, namun hal tersebut merupakan gagasan yang salah, kata rekan penulis senior Noam Sobel, ahli neurobiologi di Weizmann Institute of Science, yang merupakan penasihat Agron. Anjing, misalnya, menitikkan air mata saat bertemu kembali dengan pemiliknya setelah beberapa waktu berpisah.

Air mata bayi tikus mengandung isyarat molekuler yang mempengaruhi tikus betina untuk menolak rayuan jantan, sementara feromon dalam air mata tikus betina mendorong tikus jantan untuk berhenti berkelahi dan malah kawin dengan betina.

Terlebih lagi, bawahan tikus mol bahkan menutupi diri mereka dengan air mata untuk secara kimiawi menangkis agresi dari anggota dominan dalam kelompok mereka.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Manusia, seperti mamalia lainnya, mengkomunikasikan informasi melalui bau badan. Namun tidak jelas apakah air mata mempunyai efek penciuman terhadap perilaku manusia karena orang tidak dapat merasakan bau dari air tersebut. Selain itu, meskipun sebagian besar mamalia memiliki organ penciuman kedua yang bertanggung jawab untuk mendeteksi feromon, pada manusia, organ ini dianggap sisa.

Bukti pertama bahwa air mata dapat mempengaruhi perilaku manusia secara kimiawi muncul pada tahun 2011, ketika Sobel dan rekan-rekannya menerbitkan sebuah penelitian di Science yang menunjukkan bahwa air mata wanita mengurangi kadar testosteron dan gairah seksual yang dilaporkan sendiri pada pria.

Pekerjaan sebelumnya ini menimbulkan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban yang diberikan. Butuh upaya bertahun-tahun untuk melakukan tindak lanjut yang lebih menyeluruh, sebagian karena sulitnya mengumpulkan air mata dari para donor.

Para peneliti membutuhkan setidaknya satu mililiter air mata untuk digunakan pada setiap peserta eksperimen, dan ini berarti “air mata yang banyak,” kata Sobel. Menggunakan bawang bombay atau bahan pengiritasi lainnya untuk memaksa mata seseorang mengeluarkan air bukanlah suatu pilihan, Agron menambahkan, karena “ini adalah jenis air mata yang sangat berbeda.”

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image