Makhlus Halus di Jawa: Tuyul Mahkhluk Halus Pencari Uang yang Karib..? (Bagian 2)

Budaya  

Jadi para pemelihara tuyul, akan mati secara perlahan, Dan ini mungkin merupakan harga yang cukup murah, karena sekali seseorang memiliki tuyul, uang akan mengalir masuk.

Tuyul mampu mencuri uang tanpa bisa dilacak samasekali; dan satu-satunya imbalan yang perlu dilakukan untuk mereka hanyalah menyediakan tempat tidur serta menghidangkan bubur sekadarnya setiap malam, yang merupakan makanan pokok mereka, berhubung mereka ini anak-anak (mereka konon berjalan melompat-lompat dalam lingkaran kecil seperti halnya anak kecil).

Di kota, tuyul-tuyul itu mencuri uang. Tuyul milik si tukang jagal benar-benar dituduh (tentu saja di luar pengetahuan si tukang jagal itu) mencuri uang para pedagang perempuan di pasar kecil di dekat daerah kami, setidaknya sekali selama saya tinggal di sana.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Namun, bila itu di desa-desa para tuyul akan mencuri padi. Salah satu jenis pencuri padi yang umum dikenal disebut 'gebleg', karena sekalipun Tuyul akan berbentuk seekor ayam, ia menghentakkan kakinya kuat-kuat ketika berjalan (hingga berbunyi bleg-bleg-bleg). Sesampai di sawah si Tuyul akan menjejalkan padi di bawah sayapnya dan pergi kembali ke pemiliknya. Ia kemudian mengibaskan sayapnya dan padi itu pun beijatuhan di lumbung pemiliknya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image