Tajussalatin: Dari Kekuasaan Sebagai Mahkota Etika Hingga Serupa Serigala Ala Machiavelli

Budaya  

Namun berbeda dengan Machiavelli, pada era yang hampir sama, yakni 1603 M, di Kerajaan Aceh Darussalam, sebuah kitab berbahasa Melayu yang menyoal kekuasaan, ‘Tajussalatin’ (Mahkota Para Sultan).

Kitab ini ditulis oleh Bukhari al-Jauhari. Dan tak sama dengan masa Machiavelli yang menulis bukunya ketika Italia berada dalam masa ‘depresi besar’, Tajussalatin ditulis ketika kerajaan ini dalam puncak kemashuran.

Aceh saat itu menjadi pusat perdagangan internasional dan kebudayaan Melayu. Penguasa kerajaan saat kitab ini ditulis tengah berada di tangan Sultan Sayid al-Mukamil (1590-1604 M), yang merupakan kakek Sultan Iskandar Muda (1607-1636 M).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dalam kitab itu dipesankan betapa seorang pemimpin harus menjunjung kemulaian sikap. Tak hanya patuh pada hukum, dia juga harus memuliakan akhlak atau etika.

Tujuan berkuasa dengan menghalalkan segala cara, menumpuk kekayaan, hidup mewah berfoya-foya sama sekali tak diperbolehkan. Yang paling penting lagi seorang pemimpin harus dapat membedakan yang baik dan buruk bagi dirinya, masyarakat banyak, dan kemanusiaan.

Nah,sekarang para calon penguasa yang kini sibuk berkampanye tinggal memilih cara Machiavelli atau Al-Jauhari? Mudah-mudahan rakyat yang memilihnya juga tak menyedidakan diri untuk ditipu.

Selamat datang sang penguasa! Dan ingat ya nasihat para leluhur Jawa bahwa kekuasaan itu seperti orang yang 'nunggang macan' (naik ke punggung) harimau. Seseorang sebelum naik berkuasa akan ketakutan akan dimangsa harimau. Ketika sudah di atas punggung harimau semua orang pun takut akan pengaruhnya.

Tapi ingat pula, ketika orang yang berkuasa itu akan turun dari punggung harimau, ia juga ketakutan sebab sangat potensial di makan oleh harimau (kekuasaan) yang telah dinaikinya itu.

Ini semua terserah anda, mau pilih yang mana?

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image