Fachry Ali: Rhoma Irama adalah Salah Satu Aktor Sejarah Indonesia

Musik  

Sama dengan Kartoyo, politisi senior dan budayawan Betawi, Ridwan Saidi, belakangan sempat menceritakan asal usul munculnya frase 'yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin. Kata Ridwan: kata itu muncul dari omongan pidato seorang dia dalam kampanye PPP tahun 1982. Oma waktu sempat izin memakai kalimat itu untuk lagunya.

"Habis kampanye yang dihadiri sampai 500 ribu orang itu, dia telepon saya minta pakai izin pakai yel-yel itu. Saya jawab 'tafadhal' Ji. Beberapa waktu kemudian lagu dengan yel-yel itu ke luar. Masyarakat antusias tapi rezim Orde Baru gerah. Oma makin dicekal kiri-kanan,'' kata Ridwan Saidi.

Ridwan Saidi dan Rhoma Irama pada Pemilu 1977 dan 1982 adalah juru kampanye utama PPP.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca


Dan memang lagu 'Begadang' yang dirilis sekitar tahun 1974 itu mencetak hits besar dan menjadi penanda awal munculnya 'Revolusi Dangdut'. Kala itu catatan koran menulis album itu dalam 15 menit rata-rata terjual satu kaset. Berkat itu Oma Irama bersama Soneta kemudian naik haji hingga mampu mengawali membeli alat musik dan perangkat panggung yang lebih moderen. Oma malah menjadi satu-satunya artis yang saat itu bisa naik sedan Mercy.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image