Fachry Ali: Rhoma Irama adalah Salah Satu Aktor Sejarah Indonesia

Musik  

Sisa perubahan besar dangdut dari musik kampungan ke gedongan yang dilakukan Oma Irama itu bisa terlihat dari tayangan televisi di mana Oma Irama menyanyi dengan lirik berbahasa Inggris tentang pandemi Corona. Dengan sosok dia dan kemampuan musiknya, dangdut yang sebelum tahun 70-an disebut musik kampungan kini benar-benar melibas batas. Rhoma ternyata tetap menjadi raja tak tergantikan.

Dengan menyanyi dengan lirik Inggris, dia seperti menantang generasi muda yang berkecimpung di dangdut melakukan hal sama: berani bernyanyi dengan lirik Inggris yang utuh. Bukan sekedar dicuplik untuk gaya-gayaan ala omongan 'tuan kebon' yang ngomong gado-gado bahasa di zaman Kompeni. Oma dengan fasih menyanyikan lagu berbahasa Inggris itu:

Cause you know just what to say

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

And you know just what to do

And I want to tell you so much I love you....

Dengan Oma menyanyikan lagu itu (dan lagu Corona bersyair Inggris) di televisi ini makin mengukuhkan adanya proses sosial yang sangat panjang bagi musik dangdut. Dia terus melakukan periubahan secara terus menerus dengan gayanya sendiri. Bayang-bayang pertarungan imaji antara penggemar musik rock dan dangdut telah sirna. Jejaknya tinggal sekedar kisah.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image