Di mana Gerangan Perginya Kenangan Jembatan Perahu atau Jembatan Berak?

Sejarah  

Djembatan Perahu yang kerap disebut Djembatan Berak.
Djembatan Perahu yang kerap disebut Djembatan Berak.

Raap punya versi lain soal kapan jembatan dibangun. Menurutnya, jembatan, yang merupakan akses ke Pelabuhan Sunda Kelapa, dibangun tahun 1880-an. Jika melihat foto di dua situs yang disebutkan di atas dan hasil jepretan Visser & Co Weltevreden yang ada di buku Raap, terdapat perbedaan fisik jembatan.

Jembatan kemungkinan dibangun sebelum 1870-an dan mengalami beberapa perbaikan menyeluruh. Sebab, jembatan gantung itu terbuat dari kayu. Tahun 1880-an kemungkinan adalah perbaikan menyeluruh, atau pembangunan kembali jembatan, setelah mengalami pelapukan.

Ketika perahu hendak melewati jembatan, petugas akan menarik tali yang tersambung ke pemberat dan lantai jembatan — terdiri dari dua bagian terpisah — akan membuka ke atas. Mengangkat dua lantai jembatan bukan tugas yang ringan bagi pekerja.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tahun 1880-an, ketika Pelabuhan Sunda Kelapa masih sibuk melayani transportasi penumpang antar pulau, jembatan ini adalah titik perpisahan calon penumpang kapal dengan keluarga atau kerabat. Sebelum pergantian abad, orang yang lalu-lalang di jembatan masih sering melihat penduduk kulit putih saling peluk di jembatan itu sebelum melepas keluarga yang melakukan perjalanan dengan kapal laut.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image