Berlomba Pada Garis Garis Strat Berbeda: Apa Arti Perolehan Anies Baswedan 25 ?

Politik  

"Tuan-tuan telah mendengar sendiri jawaban Mr. Stevens yang jujur. Bagaimana mungkin kita menyerahkan urusan negeri yang sangat penting ini kepada orang-orang yang tak paham sedikitpun tentang situasi yang dihadapi negeri kita", si tuan itu menyimpulkan [Remains of the Day - Kazuo Ishiguro, pemenang Hadiah Nobel bidang Sastra 2017, rephrase]

Saya senang belajar dari pikiran bro Denny JA yang selalu jernih berdasar - data -. Salah satu tulisan beliau terakhir yang saya baca - Mengapa Anies Baswedan Kalah? -[wag Satupena 2 February 2024]

Beliau berkesimpulan bahwa adalah kesalahan strategi tim Anis tidak mengindahkan faktor Presiden yang masih sangat populer di mata rakyatnya 75 - 82%. Tentu saja hal ini tak dapat disangkal siapapun dengan melihat data.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Bro Denny melihat kesalahan tim Anis karena memilih tema - Perubahan - yang justru anti-tesa dari - Lanjutkan -. Artinya janganlah "membangkang" terhadap pak Jokowi tetapi sebaliknya mengarahkan - sumber daya - sedemikian rupa sehingga searah dengan pak Jokowi.

Saya melihat inkonsistensi dalam kesimpulan ini. Kita bisa melihat fakta bahwa Ganjar yang memilih tema yang sama walau mungkin saja setengah-setengah yaitu - Lanjutkan - justru terpuruk 17%. Ganjar-Mahfud justru terperangkap dalam bayang-bayang pak Jokowi.

Salah satu even yang saya sudah merasakan kalau pak Mahfud malah blunder ketika pada debat terakhir Cawapres, beliau malah menggunakan kesempatan itu untuk menyampaikan terima kasih ke pak Jokowi. Mungkin secara etik baik, tetapi momentumnya sama sekali tidak pas. Kita sebagai rakyat yang ingin berdiri diseberang garis melihat ketegasan gagasan dimana kita berposisi.

Sejak peristiwa itu saya sudah punya firasat ada yang salah dan merasa seperti dihianati. Dan ternyata.......!!! He doesn't make his point stands out.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image