Jebakan Approving Rate Dalam Pemilu Indonesia

Politik  

Jadi, logikanya menjadi sangat sederhana, orang yang terkenal dan disenangi akan mendapatkan - Approving Rate Tertinggi. Kebetulan saja untuk hari ini Pak Jokowi. Termasuk siapa saja, dalam situasi normal, lima tahun ke depan, bahkan selebihnya, reaksi responden akan sama. Artinya siapapun bisa mendapatkan Approving Rate Tertinggi.Apalagi kalau dia itu presiden. Nothing so great in this case!

Persoalannya menjadi rumit adalah ketika Approving Rate yang tinggi diatas 80% digunakan sebagai satu-satunya alat untuk mengukur kehebatan seseorang. Boleh menerabas pagar pagar yang dibangun bersama untuk melindungi rumah dari pencuri. Konstitusi, demokrasi dan hukum dilabrak tanpa ampun dengan menggunakan kekuasaan dengan alasan dicintai rakyat. "Kita kembalikan semuanya ke rakyat. Biarlah rakyat yang memutuskan". Sounds familiar?

Ada dua kelompok resonden, menurut salah satu lembaga survey, yaitu kelompok Wong Cilik dan Anak Muda. Didalamnya ada GenZ yang tidak benar benar paham apa sesungguhnya yang terjadi. Wong Cilik cenderung berpikir untuk hari ini. GenZ tak tertarik pada sejarah. Genaplah keterwakilan warga kita.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Seperti kasus Mr. Stevens sang Kepala Pelayan di Darlington Hall, dalam Remains of the Day, Kazuo Ishiguro, "Apakah kita hendak menyerahkan urusan negeri kita ini kepada orang-orang yang tak paham apa yang yang sesungguhnya terjadi"

Kalau hari ini banyak pihak terus menyuarakan, - ada sesuatu yang tidak beres dengan negeri kita - sepatutnya mereka didengar. Karena kalau kita terus saja yakin bahwa -terkenalan- akan menjamin negara ini ke depan, saya ragu. Ibarat lagu Roy Clark, " (You end up build this nation) .....on a weak and shifting sand....."

Maka approving rate yang tinggi selangit itu tidak lebih dari goresan lipstik dibibir memerah, yang hanyalah hiasan belaka.

Bandar Lampung, 7 Maret 2024

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image