Negara Mafia: Teringat Jongens Vervolgh School dan Meneer van Brughen di Masa Trikora

Sejarah  

Jauh sebelum ini, pada tahun 1960-62, saya bersekolah di Jongens Vervolgh School (JVVS) Blijdorp Serui. Disini awal pendidikan disiplin yang tak ada duanya. Bukan dengan kekerasan tetapi melatih kesadaran. Mana yang baik, mana yang bukan.

Pada suatu hari, namaku tercantum pada papan pengumuman. Saya telah melakukan pelanggaran, dan hari itu saya mendapat hukuman, tak boleh keluar Asrama sore itu, seperti biasanya untuk jalan-jalan ke kota.

Baca juga: Kisah dari Sota, Perbatasan Papua: Lagu Rumah Semut, Ada Pelangi di Matamu?

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Asrama kami memang agak jauh dari kota. Saya harus tinggal bersama beberapa teman yang juga melakukan pelanggaran yang berbeda, mencabuti rumput di halaman rumah Meneer van Brughen, kepala sekolah. "Apa salahku?"

Ternyata tadi pagi sebelum masuk kelas, aku mengejar pesawat kertas yang nyasar masuk ke areal terlarang - hamparan rerumputan hijau - halaman Asrama yang luas itu. Menginjak rumput adalah dosa. Saking tertibnya. Rumput saja tak boleh diinjak. Rumput ini memang sengaja ditanam untuk memperindah. Namanya saja Blijdorp - Kampung Gembira. [The Darkened Valley, 2017, Alex Runggeary]

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image