Serangan Gedung Konser Moskow: Mengapa ISIS Menargetkan Rusia? (bag 1)

Militer  

Serangan sebelumnya oleh kelompok tersebut

Pejuang ISKP mengaku bertanggung jawab atas serangan tahun 2021 di luar bandara Kabul yang menewaskan sedikitnya 175 warga sipil, menewaskan 13 tentara AS, dan puluhan lainnya luka-luka.

Afiliasi ISIS sebelumnya disalahkan karena melakukan serangan berdarah di bangsal bersalin di Kabul pada Mei 2020 yang menewaskan 24 orang, termasuk perempuan dan bayi. Pada bulan November tahun yang sama, kelompok tersebut melakukan serangan terhadap Universitas Kabul, menewaskan sedikitnya 22 guru dan mahasiswa.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pada September 2022, kelompok tersebut mengaku bertanggung jawab atas bom bunuh diri yang mematikan di kedutaan Rusia di Kabul.

Tahun lalu, Iran menyalahkan kelompok tersebut atas dua serangan terpisah terhadap sebuah kuil besar di Shiraz selatan – Shah Cheragh – yang menewaskan sedikitnya 14 orang dan melukai lebih dari 40 orang.

AS mengklaim bahwa mereka menyadap komunikasi yang mengkonfirmasi bahwa kelompok tersebut sedang bersiap untuk melakukan serangan sebelum bom bunuh diri terkoordinasi di Iran pada bulan Januari tahun ini menewaskan hampir 100 orang di kota Kerman di Iran tenggara. ISKP mengaku bertanggung jawab atas serangan Kerman.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image