ISIS Serang Moskow : Apa Karena Memandang Rusia Kekuatan Melawan Islam? (bag 2)

Militer  

Jika serangan Moskow “secara pasti dikaitkan” dengan ISKP, kata Jadoon, kelompok tersebut berharap mendapatkan dukungan dan memajukan “tujuannya untuk berkembang menjadi organisasi teroris dengan pengaruh global” . Ini untuk menunjukkan bahwa mereka dapat melancarkan serangan di wilayah Rusia.

“ISK [ISKP] secara konsisten menunjukkan ambisinya untuk berkembang menjadi entitas regional yang tangguh Dengan mengarahkan agresinya terhadap negara-negara seperti Iran dan Rusia, ISK tidak hanya menghadapi negara-negara kelas berat di kawasan tetapi juga menggarisbawahi relevansi politik dan jangkauan operasionalnya di panggung global,". kata Jadoon.

Kabir Taneja, peneliti di Program Studi Strategis dari Observer Research Foundation – sebuah wadah pemikir yang berbasis di New Delhi, India – mengatakan kepada Al Jazeera bahwa Rusia dipandang oleh ISIS dan afiliasinya sebagai “kekuatan salib melawan Muslim”.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Rusia telah menjadi target ISIS dan bukan hanya ISKP sejak awal,” kata Taneja, penulis buku The ISIS Peril.

“ISKP menyerang kedutaan Rusia di Kabul pada tahun 2022, dan selama berbulan-bulan, badan keamanan Rusia telah meningkatkan upaya mereka untuk menekan ekosistem pro-ISIS baik di Rusia maupun di sekitar perbatasannya, khususnya di Asia Tengah dan Kaukus,” dia dikatakan.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image