Senator Abdul Kholik: Kepercayaan Publik Atas Hasil Pemilu Tergantung Pada Kualitas Putusan MK

Politik  

“Putusan MK atas gugatan pemilu akan berimbas membangunkan ‘trust’ atau kepercayaan terhadap pemilu. Maka soal kendala pemilu seperti proses tahapan penyelenggan yang terkait dengan kecurangan, pemihakan, hingga soal pelanggaran etika dapat dituntaskan. Publik akan terpuaskan karena punya kepastian,’’ ujar mantan Ketua Senat Mahasiswa Universitas Jendral Sudirman (Unsud) Purwokerto ini.

Menurut Kholik yang menyelesaikan pendidikan doktor tata negaranya di Unisula Semarang, lebih jauh menegaskan bila kali ini MK memang kebanjiran gugatan. Kenyataan itu tampaknya pada jumlah gugatan Pemilu 2024 yang diajukan ke MK lebih banyak dari pemilu sebelumnya. ’’Pada Pemilu 2019 gugatan pemilu di MK ada 261 buah. Sedangkan kini meningkat menjadi 2077 gugatan.’’

‘’Pada sisi lain, bagamanapun juga adanya gugatan tersebut mencerminkan penyelenggaran pemilu yang belum menghasikkan ‘trust’ (kepercayaan) yang tinggi. Secul hingga masih banyak sengketa yang muncul. Ini juga menjadi indikasi kelemahan penyelenggaraan pemilu kita,’’ tegas Kholik.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image