Media Bloomberg: Inilah Pilihan Jokowi untuk Pertahankan Kekuasaan

Politik  

Berikut adalah bagaimana skenario dapat dimainkan:

1. Konstitusi Akan Diamandemen

Agar Jokowi dapat bersaing dalam pemilihan presiden untuk ketiga kalinya, konstitusi perlu diubah. Perubahan pada piagam negara jarang terjadi dengan yang terakhir dibuat pada tahun 2002, termasuk pembatasan presidensial menjadi dua periode untuk mencegah terulangnya pemerintahan Suharto.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sejauh ini, tidak ada indikasi bahwa amandemen sedang dikerjakan. Untuk itu, diperlukan sepertiga dari MPR untuk mengajukan amandemen terhadap ketentuan konstitusi.

Kemudian, mayoritas dua pertiga diperlukan untuk membuat perubahan. Setelah draf siap, diperlukan dukungan 50% plus satu suara dari majelis - yang memiliki 711 anggota - untuk menyetujui draf tersebut.

Matematika legislatif berpihak pada Jokowi, yang koalisi yang berkuasa menyumbang empat dari setiap lima anggota parlemen. Tapi ini mungkin terbukti tidak populer di kalangan orang Indonesia. Dalam jajak pendapat tahun 2021, sementara 74% responden menyetujui batas dua periode saat ini, dukungan turun menjadi 52,9% ketika Jokowi mencalonkan diri lagi pada tahun 2024.

Presiden lagi

Kurangnya dukungan masyarakat Indonesia untuk Jokowi menjadi presiden lagi. (Mengacu pada sumber Penelitian dan Konsultasi periset Saiful Mujani, ada dukungan sebesar 74% untuk batas presiden dua periode. Pada sisi lain, ada dukungan sebesar 53% dari publik jadi capres lagi.)

Bahkan jika Jokowi memutuskan untuk bertarung, dia perlu mencari dukungan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, yang dikendalikan oleh mantan presiden Indonesia Megawati Soekarnoputri.

Dia sangat ingin melihat putrinya Puan Maharani, ketua parlemen, menjadi pemimpin negara berikutnya. Puan bahkan tidak termasuk di antara tiga calon terdepan dalam jajak pendapat tetapi jika ini tidak membaik di tahun depan, ibunya dapat melihat calon presiden lain.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image