Media Bloomberg: Inilah Pilihan Jokowi untuk Pertahankan Kekuasaan

Politik  

2. Jokowi Mencalonkan Sebagai Wakil Presiden

Meskipun ada aturan konstitusional tentang batasan masa jabatan presiden, tidak ada aturan jika presiden petahana mencalonkan diri sebagai wakil presiden dalam pemilihan berikutnya setelah masa jabatannya berakhir.

Demikian saran yang dilontarkan seorang petinggi partai Jokowi. Namun untuk mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden di partainya, ia tetap membutuhkan restu Soekarnoputri. Jokowi secara terbuka menolak untuk terlibat dalam diskusi semacam itu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Jika dia mengambil rute ini, dia bisa melihat pencalonan dengan saingannya yang berubah menjadi sekutu Prabowo Subianto, yang merupakan menteri pertahanan petahana dan dipandang sebagai favorit untuk memenangkan kursi kepresidenan. Prabowo belum mengindikasikan apakah dia akan bekerja dengan Jokowi, yang mengkooptasi mantan komandan ke kabinetnya setelah keduanya berhadapan dalam pemilihan yang diperebutkan dengan sengit.

INDONESIA-POLITIK-VOTE

Jokowi dapat bergabung dengan partai Gerindra Prabowo dan menjadi calon wakil presidennya, kata Bambang Harymurti, mantan pemimpin redaksi media lokal Tempo yang telah menulis tentang politik Indonesia selama empat dekade.

“Dari sudut pandang ideologis, keduanya memiliki keyakinan yang sama dalam nasionalisme dan sekularisme,” kata Harymurti. “Dari segi hubungan pribadi, mereka ramah sejak Prabowo bergabung dengan kabinet Jokowi dan mereka tidak memiliki konflik.”

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image